1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     24 Oktober 2017 13:01

    Stop taruh dompet di saku celana belakang, dampaknya bahaya bagi panggul

    Menaruh dompet di saku celana belakang juga membuat tulang panggul miring ke satu sisi.

    Feed.merdeka.com - Sebagian orang, terutama pria, memiliki kebiasaan menaruh dompetnya di saku celana belakang. Kebiasaan seperti itu sudah dilakukan pria sejak lama. Namun, sebenarnya kebiasaan itu tidak baik bagi tubuh. Kebiasaan menaruh dompet di saku celana bagian belakang justru membahayakan. Apalagi jika dompet tersebut besar dan tebal.

    Menurut profesor biomekanik tulang belakang di University of Waterloo, StuartMcGill, duduk di atas dompet tebal yang ditaruh di saku celana belakang bisa membuat sendi panggul dan punggung bawah mengalami stres.

    Masalahnya dimulai ketika saraf sciatic, yang berada tepat di belakang sendi panggul terjepit antara dompet dan pinggang. Masalah ini kadang didiagnosis sebagai linu panggul. Linu ini menyebabkan nyeri yang dimulai dari pinggang, tetapi bisa menjalar ke semua bagian bawah kaki.

    Dikutip dari Menshealth, ketika McGill melakukan eksperimen mempelajari nyeri punggung, dia menemukan nyeri itu disebabkan karena orang-orang menduduki benda seukuran dompet kecil di bawah salah satu bokong mereka.

    Tak hanya itu, menaruh dompet di saku celana belakang juga membuat tulang panggul miring ke satu sisi. Hal ini justru semakin membuat tulang belakang tertekan. "Semakin tebal dompet maka semakin miring posisi duduk Anda, dan semakin melengkung tulang belakang," kata McGill.

    Mesk demikian, memindahkan dompet ke saku depan juga bukan solusi. Ketika menyimpan dompet di saku celana depan Anda akan merasa terganjal antara paha dan tubuh. Ketika sedang menyetir hal itu akan membuat Anda tidak nyaman. Jadi, disarankan untuk menyimpan dompet Anda ke dalam tas. (poy)

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES