1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Stella Maris    24 Januari 2018 16:07

    Lebih berbahaya garam atau MSG?

    MSG dan garam adalah bumbu yang sama-sama mengandung...

    Feed.merdeka.com - Tak sedikit ibu rumah tangga yang mulai meninggalkan MSG karena bumbu makanan itu dinilai bisa mengakibatkan kebodohan dan menyebabkan hipertensi. Para ibu ketika memasak justru lebih menguatkan pada penggunaan garam.

    Tapi sebenarnya lebih berbahaya garam atau MSG (monosodium glutamat) sih? Berdasarkan hasil riset terhadap keamaan dan efikasinya, MSG dintayakan aman.

    Laporan riset itu bukan cuma berasal dari departemen kesehatan Amerika saja, tapi juga Eripa, Jepang, dan negara Aia lain, seperti Amerika Utara dan Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan New Zealand.

    Nah menurut penjelasan dari Hardinsyah, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Pakar Pangan dan Gizi Indonesia, MSG justru membantu menekan penggunaan garam dapur.

    Dia menjelaskan, MSG dan garam adalah bumbu yang mengandung Sodium Chlorida atau Natrium Chlorida (NaCl) dengan konsentrasi yang sama. Hanya saja, dalam MSG kandungan sodium lebih sedikit atau sekitar 12 persen dibanding garam dapur (36 persen).

    Dnengan pengonsumsian natirum yang tinggi, tentu dapat memicu penyakit hipertensi. Jadi lebih berbahaya MSG atau garam? "Jelas garam lebih membahayakan ketimbang MSG," jelas Hardinsyah.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES