1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. R
  6.  » 
  7. RELATIONSHIP


  8. Reporter :     22 Desember 2017 12:01

    Ini yang terjadi pada tubuh Anda saat patah hati

    Pernah merasa mual dan pusing setelah putus cinta? Hati-hati..

    Feed.merdeka.com - Penelitian mengungkapkan bahwa putus cinta membuat fisik Anda lelah. Itulah mengapa setelah mengalami serangkaian drama patah hati terkadang Anda merasa mual atau pusing.

    Sayangnya, hal itu sering diabaikan, kata Ronald A. Alexander, seorang psikoterapis di California dan Colorado sekaligus penulis buku Wise Mind, Open Mind: Menemukan Tujuan dan Makna di Masa Krisis, Kerugian, dan Perubahan.

    "Anda tidak sendiri ketika Anda turun dari tempat tidur dan merasa ditarik dari dunia," kata Alexander. "Hati yang hancur bisa meninggalkan perasaan seolah-olah mereka telah kehilangan kemudi kapal mereka. Menangis dan terisak biasa terjadi, begitu juga perasaan melankolis, tapi ada juga gejala fisik. "

    Berurusan dengan patah hati, setidaknya pada tahap awal, sering mengganggu jadwal tidur Anda. Gangguan tidur seperti insomnia biasa terjadi pada seorang lajang, kata Alexander. Stres karena perpisahan dapat membuat Anda gelisah, mengganggu proses biologis yang biasanya membantu Anda tertidur di penghujung hari.

    "Bila Anda menderita patah hati, sangat sulit untuk menenangkan pikiran, menutupnya dan beristirahat," katanya.

    Alexander menambahkan, kegelisahan dan peningkatan palpitasi jantung sering berjalan seiring dengan patah hati.

    "Penting untuk diketahui bahwa kesedihan dari patah hati bisa mengganggu sistem saraf," katanya. "Sangat normal untuk keadaan hypoarousal ini untuk memicu perasaan kehilangan kendali."

    Dan dalam beberapa kasus ekstrem, lanjut dia, perpisahan bisa menyebabkan gejala seperti serangan jantung. Sindrom patah hati, atau kardiomiopati Takotsubo, seperti yang pertama kali dijelaskan dalam literatur medis Jepang di tahun 1990an, adalah kondisi jantung sementara yang terlihat dan terasa seperti serangan jantung dan sering disebabkan oleh situasi yang penuh tekanan, seperti kematian orang yang dicintai atau perpisahan.

    Patah hati bisa akibatkan serangan jantung? >>>

     

    Patah hati kronis sebabkan serangan jantung?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES