1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Indra    3 April 2015 17:00

    Jajanan Lawas Khas Indonesia Bikin Rindu

    Mulai dari makanan utama hingga jajanan sensasi rasanya selalu unik di lidah.

    Feed - Kaya akan suku dan budaya menjadikan Indonesia punya beragam kesenian, bahasa, dan makanan tradisional. Dari segi kuliner, makanan khas Indonesia punya cita rasa yang luar biasa, mulai dari makanan utama hingga jajanan sensasi rasanya selalu unik di lidah.

    Sayangnya, jajanan khas Tanah Air kini sudah mulai tergantikan dengan ayam tepung atau jajanan khas negara-negara lain yang tumbuh menjamur di tiap sudut kota besar. Padahal, jajanan sederhana ini punya cita rasa yang bisa membawa sensasi kembali ke kampung halaman. Berikut selengkapnya.

    1. Kue Rangi

    via kabarinews.com

    Jajanan khas Betawi ini dulu adalah jajanan yang digemari dan kerap kali ditunggu kehadirannya. Rasanya gurih, manis, serta aroma kayu bakarnya sangat istimewa. Kue rangi ini dibuat dengan bahan dasar campuran kelapa parut dan tepung sagu yang dibalut saus gula merah. Cukup mengeluarkan uang Rp2.000, kue rangi yang gurih siap untuk disantap.

    2. Grondol jagung

    via ahsanfile.com

    "Teeeeeeeeeeeeeeet," bunyi nyaring itu terdengar jelas dari dalam rumah. Ya, bunyi itu menandakan bahwa penjual grondol jagung sudah tiba. Makanan khas daerah Jawa Tengah ini bisa dikatakan sangat sederhana yang terdiri dari jagung rebus dan ditaburi parutan kelapa. Meskipun makanan ini tidak mewah, manisnya jagung bercampur taburan kelapa yang gurih menimbulkan rasa yang tak tertandingi.

    3. Getuk lindri

    via ensiklopediaindonesia.com

    Makanan ini hampir sama seperti pedagang grondol jagung, kehadiran pedagang getuk lindir pun tak kalah heboh. Kedatangannya kerap kali ditandai dengan berbagai lagu yang diputar dengan volume nyaring. Dalam penyajiannya, Getuk Lindri biasa ditaburi parutan kelapa dengan pilihan warna-warni menarik yang berasal dari campuran vanili dan pewarna makanan.

    4. Bubur sumsum

    via haney-moon

    Bubur sumsum adalah jenis makanan berupa bubur warna putih yang disantap dengan campuran air gula merah. Pengambilan nama sumsum juga
    cukup unik, nama itu diambil karena penampilannya yang putih seperti sumsum tulang. Biasanya bubur manis ini disajikan sebagai menu berbuka puasa. Dalam perkembangannya, bubur sumsum tak hanya berwarna putih, tampilannyakini ada yang berwarna hijau yang berasal dari pewarna makanan atau daun pandan.

    5. Cenil

    via ciricara.com

    Mungkin di era modern seperti sekarang, makanan ini terlihat aneh dan terdengar asing. Cenil namanya. Makanan ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Rasanya pun cukup unik, teksturnya kenyal, gurih, dan manis. Untuk lebih nikmat, cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES