1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Anisha    23 November 2015 12:27

    Trik Menajamkan Daya Ingat Anak

    Kegiatan yang harus Anda lakukan bersama anak agar daya ingatnya semakin tajam.

    Feed-  Ketika Anda memiliki waktu luang, perhatikanlah anak Anda. Apakah ia kesulitan dalam mengingat arah serta tempat dan menjadi lebih pelupa? Jika iya, kemungkinan anak Anda bermasalah dengan memori kerjanya. Memori kerja ialah kemampuan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi yang tersimpan dalam memori jangka pendek saat memproses bersamaan di dalam otak.

    Ketika anak bermasalah dengan memorinya, jangan panik dulu dan berkonsultasi dengan dokter. Karena ternyata kemampuan daya ingat pada anak dapat dioptimalkan dengan melakukan stimulasi-stimulasi yang tepat. Ada tujuh hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat anak, seperti yang dilansir momjunction.com berikut.

    1. Pengulangan
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kent State University menyimpulkan bahwa memori akan bekerja lebih baik bila dilakukan pengulangan. Contohnya, ulangi urutan nomor seperti 1,3,5,9,7 kepada anak. Kemudian tanyakan kembali nomor berapa setelah angka tiga. Serta, Anda dapat memperluas urutan angka dari jawaban sang anak. Ulangi tes ini terus-menerus agar anak dapat mempertahankan infomasi jangka pendek dan panjang.

    via: learningchess.net

    2. Bermain catur
    Bermain catur akan membantu anak Anda memperluas ingatannya. Karena permainan ini akan membuat ia melihat semua potongan-potongan informasi dan melihat gambar secara keseluruhan.

    3. Keterampilan visual
    Mengajarkan keterampilan visualisasi dapat membantu meningkatkan memori kerja anak. Dorong anak untuk memvisualisasikan apa yang baru saja ia lihat dan dengar. Contohnya, mintalah anak Anda menggambar lingkungan sekitarnya.

    via: grandparents.about.com

    4. Mintalah ia berbagi dengan Anda
    Anda bisa memintanya menjelaskan pelajaran apa yang telah diajarkan di sekolah. Dengan demikian Anda jadi tahu metode dan materi apa yang bisa Anda lakukan untuknya.

    5. Bermain kartu
    Permainan kartu seperti UNO akan meningkatkan memori kerja anak. Permainan ini akan membiarkan anak Anda mengingat aturan permainan serta dapat mengingat kartu apa yang ia miliki dan mana kartu lain yang telah dimainkan.

    via: kidspot.com.au

    6. Menulis rumus matematika
    Anak-anak memiliki memori kerja yang rendah dalam perhitungan saat memecahkan masalah matematika. Jadi, bantulah ia menuliskan rumus matematika untuk membantunya untuk menghafal.

    7. Menghubungkan emosi untuk informasi
    Memproses informasi di lebih dari satu cara dapat membantu anak Anda mengingatnya. Cobalah dorong anak Anda untuk menghubungkan emosi dengan apa yang coba ia ingat. Misalnya, jika anak Anda sedang belajar tentang bagaimana Piramida dibangun di Mesir, cobalah dorong dia untuk merasakan asyiknya mendaki ke puncak piramida. Studi menunjukkan bahwa metode menghubungkan sesuatu dengan pengalaman secara emosional akan dapat membantu peningkatakan memori.

    Baca juga:

    Sederet Gambar yang Hanya Dipahami Mereka Si Anak 90-an

    Hanya Wanita Beranak yang Paham dengan Kartun Jenaka Ini

    4 Trik Agar Anak Tidak Rewel di Restoran


    Baca Juga:

    Anak Akan Selalu Mengingat 7 Hal Ini dari Anda

    Kapan Waktu yang Tepat Hentikan Kebiasaan Ngedot pada Anak?

    4 Trik Agar Anak Tidak Rewel di Restoran

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES