1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. R
  6.  » 
  7. RELATIONSHIP


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    20 November 2015 14:14

    Anak Akan Selalu Mengingat 7 Hal Ini dari Anda

    Pada masa pertumbuhannya, anak akan menyerap apa yang ia lihat dan ia dengar.

    Feed - Pada masa pertumbuhan anak, ia akan menyerap dan mengingat apa saja yang ia lihat dan dengar. Itulah sebabnya sangat penting bagi orangtua  untuk membuat memori yang menyenangkan dengan anak. Seperti dilansir dari yourtango.com inilah tujuh cara yang bisa dilakukan untuk membuat memori yang tidak akan dilupakan oleh anak Anda.

    1. Pengalaman bersama

    Mereka mungkin tidak akan ingat setiap mainan yang Anda berikan saat ulang tahun. Tapi mereka pasti ingat dengan pengalaman unik bersama Anda sebagai orangtuanya. Buatlah pengalaman yang hanya dilakukan oleh Anda dan anak saja, tanpa membawa seluruh anggota keluarga. Dengan begitu ia akan mengingat kenangan saat itu, meskipun hanya memakan es krim atau menyeruput segelas milkshake.

    2. Waktu yang Anda sisihkan 

    via www.ahaparenting.com

    Pernahkah Anda terlalu fokus pada gadget dan lupa memerhatikan anak? Ini membuat banyak kelakuan kecil darinya yang dilewatkan oleh Anda. Cobalah hindari hal ini dengan memberikan perhatian yang penuh padanya. Tidak lupa tinggalkan peralatan elektronik Anda karena dengan demikian anak akan merasa memiliki Anda seutuhnya.

    Mereka juga akan merasakan kasih sayang yang Anda berikan. Pancaran kasih pun jadi lebih terasa karena mereka melihat bagaimana Anda benar-benar peduli.

    3. Kata-kata positif untuknya

    via www.ahaparenting.com

    Kata “Aku menyayangimu” begitu mudah dikatakan, tetapi akan jadi angin tanpa arti jika tidak ada sikap positif yang menyertainya. Namun, acungan jempol untuk Anda yang sudah berusaha menyuntikkan kata positif baginya.

    Ada banyak kata lain yang bisa Anda katakan agar anak berpikiran positif. Seperti “Aku bangga padamu,” dan “Kau adalah teman yang baik.” Semua kata-kata tersebut dapat memengaruhi diri mereka sehingga mereka dapat berpikiran positif sejak dari kecil. 

    4. Bagaimana cara Anda menangani situasi pelik

    via www.tinystepsmommy.com

    Anak akan melihat apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Ia juga akan belajar melihat bagaimana orangtua menyelesaikan masalah dan membuat mereka merasa aman dan terlindungi.

    5. Saat Anda tidak bersamanya

    via www.lifehack.org

    Ini adalah momen kemandirian ketika mereka mengingat saat Anda tidak ada di sisinya. Misalnya saat ada acara sekolah yang mengharuskan mereka untuk menginap, mereka akan mengingat saat itu hingga dewasa karena itu merupakan awal dari berdikari.

    6. Cara Anda dan pasangan Anda berperilaku

    via everydaylife.globalpost.com

    Anak-anak selalu memperhatikan gerak-gerik Anda. Intinya, hal yang Anda lakukan akan menjadi acuan bagaimana mereka berperilaku. Untuk itu, ketika Anda di rumah bersama anak, penting sekali untuk berhati-hati dalam berinteraksi dengan pasangan. Lakukanlah interaksi yang positif, penuh kasih sayang, dan kelembutan. Sehingga mereka akan menyerap perilaku yang baik dari kedua orangtuanya.

    7. Bagaimana cara Anda bertindak saat stres

    via www.friendshipcircle.org

    Kehidupan tidak selamanya menyenangkan dan mudah untuk dilalui. Anak akan melihat bagaimana cara Anda menangani masalah seperti bangun terlambat, belum menyiapkan sarapan, dan belum menyetrika seragam sekolahnya.

    Saat itu Anda pasti akan merasa depresi. Jika Anda adalah tipe orang yang rapuh, mereka akan mengetahuinya. Cobalah berusaha lebih tenang. Pribadi yang tenang akan lebih logis dalam menyelesaikan masalah di bawah tekanan. Dengan demikian, anak Anda pun akan mempunyai sosok positif untuk ditiru.

    Baca juga:

    6 Cara Agar Anak Tidak Tertular Penyakit dari Saudara Kandungnya

    4 Trik Agar Anak Tidak Rewel di Restoran

    Cara Jitu Agar Anda Disayang Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES