1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Indra    19 November 2015 16:27

    9 Tipe Kecerdasan, Mana yang Anda Punya?

    Tipe kecerdasan mana yang Anda miliki? Apakah ada di antaranya yang cocok?

    Feed - Kita semua pernah mendengar istilah kecerdasan, tetapi hanya sedikit yang benar-benar tahu bahwa ada beberapa jenis kecerdasan yang menggambarkan kepribadian dan cara kerja otak manusia. Seorang psikolog, Howard Gardner, dari Harvard University menciptakan Multiple Intelligences Theory yang menjelaskan sembilan cara di mana kita mampu menerapkan kecerdasan untuk kegunaan yang berbeda.

    Meskipun teori tersebut sudah diadaptasi dan dimodifikasi, gagasan Gardner ini masih tetap dijadikan landasan terkait teori yang terkait dengan kecerdasan. Berikut paparan lengkapnya.

    via vanderbilt.edu

    Kecerdasan linguistik

    Kecerdasan tipe ini berbicara tentang kemampuan mengolah bahasa verbal dan cara mendengar, memahami makna, maupun irama kata-kata saat mengomunikasikan sebuah informasi. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya menggunakan bahasa yang baik untuk mengekspresikan ide-ide dan pikiran. Kecerdasan seperti ini biasanya dimiliki oleh seorang penulis, penyair, atau humas.

    Kecerdasan logis matematis

    Kecerdasan ini biasanya dimiliki individu yang gemar berpikir analitis, mengingat hipotesis, menghitung, dan menyelesaikan operasi matematika. Mereka suka menganalisis situasi dalam hal penalaran dan pola, serta kuat pada logika. Orang-orang yang punya kemampuan ini biasanya berprofesi sebagai ilmuwan, ahli matematika, dan detektif.

    Kecerdasan spasial

    Jika Anda berpikir dengan imajinasi penuh gambar itu artinya Anda punya kecerdasan spasial. Biasanya pribadi ini gemar dengan manipulasi gambar dan aktif untuk mengembangkan imajinasi. Profesi orang-orang ini adalah seniman, pelukis, dan arsitek.

    Kecerdasan kinestetik tubuh

    Jenis kecerdasan berbicara tentang kemampuan mengontrol tubuh secara efektif dan terampil menggunakan berbagai keterampilan fisik. Biasanya mereka yang memiliki kecerdasan tipe ini adalah seorang atlet, ahli bedah, dan pengrajin.

    Kecerdasan bermusik

    Kecerdarsan tipe ini biasanya dimiliki oleh mereka yang menjaga dan menghargai musik. Jenis kecerdasan ini sering dikaitkan dengan emosi.

    via cbsnews.com

    Kecerdasan interpersonal

    Si pemilik kecerdasan tipe ini dapat mendeteksi dan mengidentifikasi emosi, keinginan, atau motivasi orang lain. Mereka paling pandai untuk memahami orang lain. Biasanya, kecerdasan ini dimiliki oleh mereka yang berprofesi sebagai perawat, aktor, politisi, dan guru.

    Kecerdasan intrapersonal

    Kecerdasan intrapersonal mirip dengan interpersonal, bedanya mereka hanya mampu mendeteksi dan memahami emosi diri sendiri, bukan orang lain. Jika Anda merasa selaras dengan pikiran Anda sendiri dan memahami diri dengan baik, itu artinya Anda memiliki kecerdasan intrapersonal. Orang-orang seperti ini biasanya berprofesi sebagai psikolog, penulis, dan filsuf.

    Kecerdasan alami

    Jenis kecerdasan ini salah satu yang paling langka dari daftar jenis kecerdasan lainnya. Individu ini kerap menghargai dan mengidentifikasi segala sesuatu yang berasal dari alam. Orang-orang ini biasanya berprofesi sebagai tukang kebun, koki, atau pemburu.

    Kecerdasan eksistensial

    Jenis kecerdasan ini dimiliki oleh mereka si pemikir. Mereka akan mempertanyakan dunia dan segala sesuatu di dalamnya, terutama hal-hal yang berkaitan dengan umat manusia.

    Jadi, tipe kecerdasan mana yang Anda miliki? Apakah ada di antaranya yang cocok?

    Baca juga:

    6 Hal Ini Pengaruhi Kecerdasan Otak

    5 Cara Mudah Tingkatkan Kemampuan Otak

    Cara Sederhana Agar Otak Anak Semakin Cerdas

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES