1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter :     14 Januari 2018 13:00

    Terkuak, begini kunci terbesar kebahagiaan menurut sains

    Apakah Anda sedang mencari kunci agar bisa hidup bahagia?

    Feed.merdeka.com - Selama berabad-abad, manusia tak pernah berhenti mencari kunci kebahagiaan dalam hidup mereka. Apakah Anda termasuk orang yang masih terus mencari kunci kebahagiaan itu?

    Selama dua dekade, gerakan psikologi positif memberi angin segar di dunia ilmu pengetahuan dengan ilmu kebahagiaan, potensi manusia, dan perkembangannya. Psikologi positif memang berargumen, para psikolog seharusnya tidak melulu berkutat dan meneliti penyakit kejiwaan, tapi juga hal-hal yang membuat manusia merasa layak untuk hidup.

    Founding father psikologi positif, Martin Seligman, menggambarkan kebahagiaan sebagai seringnya mengalami emosi yang positif, seperti kegembiraan, gairah, dan kepuasan yang dikombinasikan dengan perasaan mendalam mengenai makna dan tujuan hidup.

    Hal itu menyiratkan pola pikir yang positif menjalani kehidupaan saat ini dan optimis mengenai masa depan. Para pakar psikologi juga menilai, kebahagiaan tidaklah stabil. Meski demikian, dia adalah sesuatu yang fleksibel dan bisa kita upayakan untuk hadir.

    "Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa fleksibilitas secara psikis adalah kunci besar untuk kebahagiaan dan kesejahteraan," kata pengajar psikologi di University of Central Lancashire, Lowri Dowthwaite, seperti dilansir dari Science Alert, 12 Januari 2018.

    Misalnya, terbuka pada pengalaman-pengalaman emosional dan kemampuan menoleransi masa-masa tidak nyaman akan membuat kita kian menjadi individu yang kaya dan lebih bermakna.

    Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa cara kita merespons situasi dalam hidup lebih mempengaruhi kebahagiaan, ketimbang situasi itu sendiri. Mengalami stres, kesedihan, dan kecemasan dalam periode waktu yang singkat bukan berarti indikasi bahwa kita tidak bisa bahagia dalam jangka panjang.

    NEXT: Kebahagiaan apa yang Anda pilih?

     

    Anda pilih mana: kebahagiaan hedonistik atau eudaimonik?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES