1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     14 Januari 2018 10:01

    Pikir dulu sebelum bawakan bunga atau buah saat jenguk orang sakit

    Pemberian bunga biasanya tidak diperbolehkan atau bahkan dilarang, terutama...

    Feed.merdeka.com - Ketika akan menjenguk kerabat yang dirawat di rumah sakit, biasanya orang memilih untuk membawa bunga atau buah. Meski demikian, ternyata ada beberapa rumah sakit yang melarang pengunjung untuk membawakan bunga dan buah bagi pasiennya. Apa alasannya?

    Seperti dikutip dari hellosehat.com, bunga segar memang dapat mempercantik ruangan dan menyejukkan mata. Akan tetapi, hal tersebut berbanding terbalik saat Anda berada di rumah sakit. Pemberian bunga biasanya tidak diperbolehkan atau bahkan dilarang, terutama di bagian unit luka bakar.

    Hal itu karena bunga diduga mengandung bakteri yang dapat meningkatkan risiko infeksi nosokominal (infeksi yang terjadi ketika di lingkungan rumah sakit). Namun, sebenarnya hal ini menuai pro dan kontra dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

    Serbuk sari di dalam bunga juga bisa menyebar ke ruangan sehingga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang sensitif atau punya alergi serbuk sari.

    Pada pasien dengan sistem imun yang lemah seperti kanker, HIV/AIDS, atau gangguan pernapasan juga sebaiknya tidak dibawakan bunga karena akan meningkatkan risiko terpapar beberapa parasit dan jamur dari bunga dan tanaman, misalnya aspergillus.

    Membawa buah

    Membawakan buah saat menjenguk orang sakit memang sudah seperti tradisi. Tetapi, ingat, Anda harus berhati-hati ketika ingin memberikan buah-buahan. Sebab, tidak semua pasien bebas mengonsumsi jenis buah apa pun.

    Misalnya, buah belimbing tidak boleh diberikan pada pasien dengan gangguan ginjal karena dapat menyebabkan toksin. Pada pasien diabetes juga hendaknya memilih buah dengan kadar indeks glikemik yang rendah seperti apel, stroberi, jeruk, dan buah pir.

    Anda juga perlu berhati-hati kalau mau membawakan buah bagi pasien yang punya riwayat penyakit lambung atau baru saja melakukan operasi. Buah-buahan tertentu seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali bisa memperparah gejala penyakit refluks asam lambung (gerd).

    Karena memang sulit untuk menentukan jenis buah-buahan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh pasien penyakit tertentu, sebaiknya hindari membawakan buah-buahan saat menjenguk pasien. Kecuali bila Anda memang sudah menanyakan pada pasien atau keluarganya buah apa saja yang aman dikonsumsi.

    Alternatif selain bawa bunga dan buah ====>>>>

     

    Pikir dulu sebelum bawakan bunga atau buah untuk jenguk pasien di RS

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES