1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     19 Maret 2018 16:31

    Terapi sengat lebah, eh wanita ini malah dijemput ajal

    Bukan kesembuhan yang didapat wanita malang tersebut.

    Feed.merdeka.com - Sengat lebah menjadi salah satu pengobatan alternatif yang cukup diminati di kawasan Asia. Namun, Anda harus berhati-hati sebelum menjalani terapi sengat lebah jika tidak mau bernasib sama dengan wanita ini.

    Wanita 55 tahun asal Spanyol meninggal dunia setelah menjalani terapi sengat lebah karena ternyata dia alergi, demikian dikutip dari laman Science Alert, 19 Maret 2018. Bagi yang alergi, sengat lebah menjadi hal yang sangat berbahaya.

    Kasus wanita 55 tahun itu kemudian dipelajari oleh peneliti Paula Vazquez-Revuelta dan Ricardo Madrigal-Burgaleta dari Ramon y Cajal University Hospital di Spanyol. Studi ini diharapkan menjadi peringatan kepada orang-orang yang ingin mencoba pengobatan ini.

    Dalam paper, kedua peneliti menjelaskan kronologi bahwa wanita itu mengikuti sesi akupuntur sengat lebah ini (disebut juga apitherapy) sebulan sekali, selama dua tahun.

    "Dia memutuskan menjalani apitherapy untuk mengatasi masalah di ototnya dan mengurangi stres. Wanita itu tidak punya riwayat penyakit lain, faktor risiko, ataupun reaksi alergi," demikian tertulis dalam paper mereka.

    Dalam sebuah sesi apitherapy, wanita itu kemudian menderita mengi atau sesak napas, dispnea, dan tiba-tiba kehilangan kesadaran.

    Foto: Waugsberg/Wikimedia via Science Alert

    Mengapa baru alergi sekarang?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES