1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter :     10 Januari 2018 13:02

    Tanpa kosmetik, wajah tampak lebih muda dalam 20 minggu

    Ilmuwan membuktikan cara ini ini tanpa kosmetik mahal dan operasi plastik.

    Feed.merdeka.com - Sebagian besar wanita ingin terlihat muda, meski usia sudah berada di akhir 30 tahunan. Beberapa ada yang menempuh cara ekstrim yang mahal dan menyakitkan.

    Hingga kini, produk kecantikan yang mengklaim mengembalikan dan meremajakan kulit dijual dengan harga yang sangat mahal.

    Nah, mungkin ini bisa menjadi kabar gembira bagi Anda yang menunggu cara membuat wajah tampak muda tanpa harus merasa kesakitan atau menguras kantong dalam-dalam.

    Sejumlah peneliti menemukan bukti awal cara membuat wajah tampak lebih muda hanya dalam waktu 20 minggu. Cara itu tidak menyakitkan dan tidak perlu zat kimia berbahaya, yaitu yoga wajah.

    Penelitian tim ahli dari dari Northwestern University di Illinois menyimpulkan, olahraga wajah selama 30 menit sehari kemungkinan akan mengencangkan dan menaikkan kulit dia area pipi. Dalam jangka panjang, hal itu mengarah pada wajah yang terlihat lebih muda.

    Banyak orang sudah melakukan senam wajah atau yoga wajah ini selama bertahun-tahun. Namun, baru kali ini ada studi yang mengkaji cara ini lebih dalam, demikian dikutip dari laman Science Alert, 8 Januari 2018.

    "Ada beberapa bukti yang menguatkan bahwa senam wajah mengurangi tanda-tanda penuaan," kata Murad Alam, ahli dermatologi dari Northwestern University.

    "Senam atau olahraga wajah menguatkan otot-otot wajah. Sehingga wajah akan lebih kencang dan cerah, tampak lebih muda."

    Namun perlu digarisbawahi, studi ini dilakukan dengan sampel yang kecil, yakni 16 wanita berusia 40 hingga 65 tahun. Para peserta menjalani program 20 minggu senam wajah itu. Studi ini masih perlu dibuktikan dengan jumlah sampel yang lebih besar.

    Meski demikian, studi ini memang menawarkan harapan bagi wanita yang tak ingin menghabiskan uang jutaan rupiah untuk mendapat wajah lebih muda.

    Jika kesimpulan penelitian itu nantinya terbukti dalam studi yang lebih besar, Alam menilai, orang tidak perlu lagi membayar mahal atau memakai zat kimia berbahaya agar terlihat lebih muda.

    Senam wajah
    Latihan senam wajah yang diikuti ke-16 wanita untuk studi ini meliputi latihan 32 ekspresi wajah.

    Salah satu latihan itu disebut The Cheek Lifter dimana para wanita itu diminta membuka mulut dan membentuk huruf 'O.' Studi ini sudah dipublikasikan di JAMA Dermatology.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES