1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    14 Februari 2016 09:20

    6 Langkah Menyetrika Agar Baju Serapi dari Laundry

    Jika Anda mengikuti tips berikut ini, menyetrika akan terasa ringan.

    Feed.merdeka.com - Bagi setiap ibu rumah tangga, menyetrika merupakan salah satu hal yang paling berat karena membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang lama. Pekerjaan akan semakin pelik dengan beragamnya jenis kain yang harus disetrika.

    Seperti yang dilansir dari realsimple.com, tipa jenis kain membutuhkan perlakuan yang berbeda. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar meringankan Anda saat menyetrika pakaian.

     

    Image result for ironing

     

    1. Baca label
    Aturan pertama yaitu Anda harus membaca label yang ada di setiap pakaian. Kemudian lihat jenis kain dan lihat suhu yang dianjurkan untuk menyetrika bahan tersebut.

    Umumnya kain sintetis menggunakan panas yang rendah. Sedangkan kain wol dan sutra menggunakan panas yang sedang, katun dan linen menggunakan panas yang tinggi.

    2. Arah setrika
    Ketika Anda menyetrika pakaian, gerakan yang Anda harus lakukan adalah ke atas dan ke bawah. Menggosokkan setrika secara melingkar atau zigzag dapat membuat baju menjadi melar dan rusak.

    3. Menyetrika bagian jahitan
    Ketika hendak menyetrika pada bagian jahitan/garis pakaian taruh setrika di atasnya. Kemudian ikuti garisnya untuk menghindari jahitan menjadi belel.

    Image result for ironing

    4. Menggunakan setrika uap
    Jika Anda menggunakan setrika uap, perhatikan hal berikut. Bahan yang membutuhkan suhu rendah, atur suhu di temperatur rendah dan angkat setrika lima hingga tujuh sentimeter dari kain. Untuk bahan yang membutuhkan suhu tinggi, atur uap pada temperatur tinggi dan tahan gosokan seitar 15 -20 sentimeter dari kain.

    5. Diamkan pakaian
    Setelah pakaian disetrika, biarkan mendingin di papan setrika atau gantungkan selama 5 menit. Jangan langsung dipakai saat masih panas agar pakaian tidak mudah lecek.

    6. Baju dengan detail rumit
    Untuk pakaian wanita yang terbuat dari bahan rumit seperti kebaya atau gaun, Anda bisa menggunakan setrika uap. Tapi jika Anda ingin pakaian tersebut lebih awet dan aman, Anda dapat menggunakan jasa binatu daripada ditangani sendiri.

    Baca juga:

    Trik Melipat Baju ala Jepang, Cuma 5 Detik Langsung Rapi

    Tebak Kepribadian dari Cara Melipat Baju

    Tips Membersihkan Perhiasaan Agar Tetap berkilau

    Tips Mengeringkan Rambut Tanpa Mesin Pengering

    5 Tips Praktis Menghilangkan Kumis Tipis Tanpa Rasa Sakit

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES