1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     7 Oktober 2017 13:01

    Mereka dihampiri ajal gara-gara kerja lembur

    Di Jepang, meninggal akibat kerja lembur disebut karoshi.

    Feed.merdeka.com - Kerja lembur menjadi salah satu pilihan orang untuk menambah pundi-pundi penghasilan, selain tuntutan dari perusahaan tentunya. Sayangnya, kerja berlebihan sampai menyita waktu istirahat adalah kesalahan fatal.

    Hal itu bisa dilihat dari kasus yang tengah menghebohkan saat ini. Seorang reporter kantor berita pemerintah Jepang, NHK, bernama Miwa Sado meninggal setelah bekerja lembur selama 159 jam dalam sebulan. Dalam sebulan, Sado hanya libur dua hari!

    Sebetulnya Miwa Sado meninggal pada 2013 lalu, demikian dikutip dari laman businessinsider.com. Tapi, NHK baru mengumumkan penyebab kematian Miwa Sado pada Rabu, 4 Oktober lalu--empat tahun setelah kematian jurnalis 31 tahun itu.

    Jurnalis JNHK Miwa Sado yang meninggal karena kerja lembur
    © 2017 feed.id/YouTube / ANN News



    Di Jepang, meninggal akibat kerja lembur disebut karoshi. Biasanya, karoshi menyebabkan orang terkena serangan jantung dan stroke.

    Yah, kasus karoshi itu bukan sekali ini saja terjadi. Tuntutan dan budaya kerja di Jepang juga mengakibatkan seorang copywriter meninggal pada 2013 silam.

    Ternyata, kasus karoshi tidak hanya terjadi di Jepang saja. Di beberapa negara lain bahkan di Indonesia juga ada korban meninggal skibat kerja lembur. Berikut daftar orang-orang yang meninggal akibat karoshi yang dirangkum dari berbagai sumber.

    1. Karyawan Perusahaan Mobil - Jepang

    Seorang pria 45 tahun sekaligus karyawan Toyota meninggal karena bekerja terlalu lama pada 2008. Mikio Mizuno, pengacara pria malang itu mengatakan jika korban mengalami tekanan pekerjaan sebagai pemimpin dalam proyek pengembangan versi hybrid dari Toyota Camry.

    2. Li Yuan - China

    Li Yuan bekerja di perusahaan iklan di China. Pria berusia 24 tahun itu ditemukan meninggal pada Mei 2013, setelah sebulan sebelumnya bekerja terlalu keras. Hampir setiap hari, ia bekerja hingga pukul 23.00 di kantornya, Ogilvy & Mather.

    3. Moritz Erhardt - Inggris

    Moritz Erhardt adalah pekerja intern di Bank of America yang ada di London. Dia meninggal dalam usia yang sangat belia, yakni 21 tahun. Ia ditemukan tak sadarkan diri di rumahnya setelah mengalami serangan jantung akibat bekerja 3 hari tanpa henti.

    4. Yale Jared Weiner - Amerika Serikat

    Pria berusia 27 tahun ini merupakan seorang pengacara. Ia meninggal pada 1995 setelah mengalami kondisi jantung yang lemah. Dilansir dari cadenhead.org, firma hukum tempat dimana ia bekerja menuntut hasil pekerjaan terlalu tinggi.

    5. Mita Diran - Indonesia

    Dari Indonesia, ada pekerja kreatif bernama Mita Diran. Ia meninggal pada usia 27 tahun akibat bekerja selama tiga hari berturut-turut atau sekitar 30 jam tanpa henti, demikian dikutip dari laman Nydailynews.com. Mita ditemukan tak sadarkan diri dan koma beberapa hari hingga akhirnya meninggal dunia.

    Duh, kerja ya kerja. Tapi jangan lupa istirahat yaa... (Randi Mulyadi/ita)

    Foto: Englishisland.com

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES