1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Indra    14 Desember 2014 10:03

    Khasiat Biji Chia, Cara Kuno Kaya Omega

    Warnanya coklat, putih, dan hitam. Tak sekecil ukurannya, biji Chia jadi jenis bijian yang punya peran penting sejak ratusan tahun lalu.

    Feed - Tidak terlalu populer seperti biji-bijian lain. Biji kecil berbentuk lonjong ini merupakan bijian yang ditemukan dan dikonsumsi oleh masyarakat Aztec sejak beratus- ratus tahun lalu lamanya.

    Warnanya coklat, putih, dan hitam. Bijian ini berasal dari tanaman bernama latin Salvia hispanica, yang merupakan spesies famili mint, Lamiacea asal Meksiko.

    Khasiat yang dimiliki biji chia ini tak sekecil ukurannya. Biji yang berdiameter 1 mm memiliki khasiat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

    Uniknya, biji Chia memiliki sifat hydrophilic atau menyerap cairan 12 lebih besar dari berat total. Jadi ketika direndam air beberapa lama, teksturnya akan berubah menjadi seperti gel. Berikut ini 4 khasiat biji chia yang harus kamu ketahui.

    1. Cegah penyakit jantung

    Penelitian menurut pusat medis akademik Cleveland Clinic, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kandungan yang terdapat dalam biji Chia terbukti menjaga tekanan darah. Juga berkhasiat meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida.

    Hal ini tentunya memiliki manfaat yang besar dan sangat baik bagi kesehatan jantung. Baca selengkapnya di sini.

    2. Turunkan berat badan

    Biji chia ini sangat populer sebagai makanan yang mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena biji chia menyerap 10 kali air, sehingga akan merasa kenyang lebih lama akibat biji yang berubah membentuk gel besar.

    Dengan begitu, kebiasaan ngemil yang kerap dilakukan akan berkurang dan mampu mencegah penyerapan kalori kedalam tubuh. Baca selengkapnya di sini.

    3. Cegah diabetes

    Karakter biji chia yang memiliki sifat hydrophilic atau menyerap cairan ini akan memperlambat pengolahan makanan dalam tubuh dan memperlambat pengolahan makanan dalam tubuh. Hal ini tentunya menjadi hal yang penting untuk mencegah penyakit diabetes.

    Selain itu biji chia ini juga memiliki asam lemak omega-3 yang berlimpah di dalamnya. Asam lemak ini juga membantu mencegah penyimpanan lemak kolesterol dan bahan lain pada arteri yang dapat menyebabkan aterosklerosis.

    Dengan begitu mengkonsumsi biji chia mengarah ke jumlah yang lebih kecil dari akumulasi lemak dalam tubuh dengan menjaga kestabilan pada tingkat trigliserida dan kolesterol. Baca selengkapnya di sini.

    4. Baik bagi tulang dan gigi

    Satu ons biji Chia mengandung 177 mg kalsium yang mampu memenuhi 18 persen asupan harian kalsium yang direkomendasikan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mencegah osteoporosis. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES