1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     11 Februari 2018 16:00

    Kentang goreng McDonald's obati kebotakan? Tidak juga!

    Sebelum mempercayai kabar itu, baca dulu ya.

    Feed.merdeka.com - Mayoritas orang akan setuju, kentang goreng adalah makanan enak dan lezat. Anak-anak hingga orang tua menyukai makanan renyah yang satu ini.

    Beberapa waktu terakhir, sejumlah artikel menyebut bahwa kentang goreng--dari dapur restoran cepat saji McDonald's--bisa mengobati kebotakan. Benarkah?

    Dikutip dari laman Science Alert, 9 Februari 2018, jawabannya tidak juga!

    Kabar kentang goreng menjadi obat mujarab kebotakan bermula ketika tim peneliti asal Jepang mempublikasikan studi mereka di jurnal Biomaterials.

    Studi mereka menyebut senyawa kimia tertentu yang bisa dipakai untuk memproduksi hair follicle germ (HFG) secara masal pada tikus. HFG ini merupakan sel yang membantu menumbuhkan folikel rambut--dan pada akhirnya mungkin bisa memperbanyak pertumbuhan rambut.

    Dan, seseorang yang tidak terlibat dalam penelitian itu menyadari bahwa senyawa kimia bernama dimethylpolysiloxane itu ditemukan juga di minyak goreng yang digunakan McDonald's menggoreng kentang. Senyawa ini berguna untuk mengurangi percikan saat penggorengan.

    Sebetulnya, senyawa bernama dimethylpolysiloxane itu ditemukan juga di kutek kuku dan sunscreen.  Perlu ditegaskan, para peneliti itu tidak menyebut kentang goreng dalam studi mereka.

    Meski, hasil kerja keras peneliti dari Yokohama National University itu sangat impresif.

    Fakta yang harus Anda tahu!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES