1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. V
  6.  » 
  7. VIDEO VIRAL


  8. Reporter :     4 Februari 2018 16:07

    Heboh video tikus mandi seperti manusia, begini faktanya

    Apakah tikus bisa berdiri dengan dua kaki di belakangnya?

    Feed.merdeka.com - Video seekor tikus sedang mandi seperti manusia bikin heboh media sosial baru-baru ini. Dalam video viral itu, si tikus tampak menggunakan sabun, kemudian menggosok bulu-bulu di kepala, ketiak, dan bagian tubuh lainnya. Aksi tikus ini direkam di sebuah kamar mandi di Kota Huaraz, Ancash, Peru.

    Video itu pun membuat orang bertanya-tanya, benarkah tikus bisa mandi? Apakah tikus bisa berdiri dengan dua kaki di belakangnya? Seperti dikutip dari news.com.au, ada banyak teori seputar video yang menunjukkan tingkah hewan pengerat itu.

    Namun, yang paling penting untuk dijawab sebenarnya adalah apakah hewan itu benar-benar tikus? Petunjuknya adalah binatang itu dapat berdiri tegak, dan itu bukanlah perilaku normal seekor tikus.

    Dallas Krentzel, seorang ahli biologi yang mengkhususkan pada hewan pengerat dari University of Chicago mengatakan bahwa binatang itu lebih mirip pacarana, seekor binatang pengerat berwarna coklat yang ada di Peru.

    "Dengan ukuran kepala yang besar, bisa posisi dua kaki atau bipedal, anggota tubuh bagian depan atau forelimbs yang fleksibel, ekor kaku dan pendek, serta warna yang konsisten, itu lebih menunjukkan bahwa hewan ini pacarana," kata Dallas Krentzel kepada Newsweek.

    Pacarana adalah hewan pengerat langka yang sering ditemukan di Peru, Brasil dan Kolombia. Bobotnya sekitar 15 kg, seperti Wombat Amerika Latin, namun lebih kecil. Tampilannya mirip, tetapi tidak berkaitan. Sedangkan hewan pengerat lainnya yang ada di Amerika Selatan disebut paca.

    "Paca dan pacarana adalah beberapa spesies favorit saya karena keanehannya, karena itu saya memperhatikan video (tikus mandi-red) tersebut," kata Krentzel. Menurut dia, pacarana mahir menggunakan kaki depannya untuk mencari dan mengolah makanan.

    Sementara itu, berapa bobot hewan pengerat di video itu tidak jelas karena tidak ada pembandingnya. Dengan demikian dia meyakini, selain pacarana, tidak ada makhluk lain yang mirip dengan "tikus mandi".

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES