1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Zika    26 Maret 2015 13:05

    Buah Indonesia yang Dianggap Aneh oleh Barat

    Tidak semua buah yang kita makan di sini bisa diterima oleh bangsa Barat.

    Feed - Letak Indonesia di wilayah tropis menjadikannya kaya dengan aneka buah unik. Buah-buahan dari negara kita seperti mangga, manggis, pinang, dan salak menjadi andalan ekspor yang dinanti di luar negeri. Dikutip dari Bisnis.com, nilai ekspor buah Indonesia mencapai US$417,60 juta atau sekitar Rp5,4 triliun. Meski demikian, bentuk asli buah-buahan Indonesia masih dianggap "aneh" oleh masyarakat Barat. Empat buah di antaranya adalah:

    via qiito.com

    Salak
    Buah yang sudah biasa diasup oleh masyarakat Indonesia ini disebut dalam Bahasa Inggris sebagai snakeskin fruit (buah kulit ular). Sebuah review dari The Toptenz menyebut buah ini mirip "bawang putih dari luar angkasa". Namun dari segi rasa, salak digambarkan sebagai buah yang rasanya mirip dengan nanas tapi sedikit asam. Salak juga diakui mampu meringankan masalah penglihatan dan pencernaan.

    via www.healthbenefitstimes.com

    Rambutan
    Rasa buah favorit di Indonesia ini disebut mirip dengan rasa leci. Untuk bisa membedakannya, seorang penulis blog, Kimlai Yingling, menyebut, "Daging buah rambutan lebih besar dengan biji di bagian tengahnya. Rasanya creamy manis dan sangat menyegarkan". Mayoritas pendatang menyukai rambutan yang rasanya enak, penuh dengan vitamin C, zat besi, dan kalsium.

    Durian
    Buah ini yang paling sering menimbulkan kontroversi di dunia Barat. Ada pendatang yang menyukainya, namun sebagian besar membenci aroma kuat yang dihasilkannya. Review bangsa Barat menyebut aroma durian mirip dengan "bau kaki" dengan bentuk daging buah yang lengket. Untuk membuka buah durian pun cukup menantang. (Lihat Mengapa Bule Benci Durian?)

    via www.tripadvisor.com

    Buah naga
    Buah ini memiliki tampilan mirip nyala api yang diawetkan dan aslinya berasal dari Meksiko. Namun ketenarannya mencapai Indonesia sehingga banyak dikembangbiakan di sini. Review Barat menyebut rasanya mirip buah kiwi tapi berwarna putih ataupun mirip rasa melon. Buah ini tengah diteliti sebagai penangkal kanker.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES