1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     15 Februari 2018 16:01

    Beredar surat BPOM, jangan pakai Albothyl untuk obati sariawan

    Dalam surat yang menjadi viral itu, BPOM merekomendasikan masyarakat untuk tidak..

    Feed.merdeka.com - Netizen dihebohkan oleh beredarnya surat rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap penghentian penggunaan policresulen cair konsentrat yang dijual bebas di masyarakat.

    Menurut BPOM, kandungan policresulen dalam bentuk cairan obat luar konsentrat 36 persen tidak terbukti secara ilmiah sebagi obat luar.

    Kandungan ini diduga terdapat dalam Albothyl, produk yang banyak digunakan masyarakat sebagai obat sariawan dan oral. Dalam surat yang menjadi viral itu, BPOM merekomendasikan masyarakat untuk tidak menggunakan obat tersebut.

    Salah satu yang membagikan surat rekomendasi BPOM itu adalah akun Twitter @cho_ro. "Akhirnya perjuangan keras 4 tahun temen temen dokter gigi terbayar, Albothyl resmi TIDAK DISARANKAN sebagai obat oral/sariawan oleh BPOM," demikian tulis akun itu.

    Dalam surat itu, BPOM menjelaskan juga bahwa penggunaan obat ini berisiko atau berbahaya jika tidak diencerkan terlebih dahulu. BPOM menilai risiko yang ditanggung atas penggunaan obat itu tidak sebanding dengan manfaat yang ditawarkan.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES