1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TEKNOLOGI


  8. Reporter : Anisha    28 Januari 2016 17:25

    'Berbagi Sehat', Aplikasi Peredam Panik Ibu Kala Anak Sakit

    Jangan panik dulu, masukkan semua faktor penyakit di sini dan bisa terlihat penyakit dari anak.

    Feed.merdeka.com - Ibu memang gerbang utama menjaga kesehatan keluarga. Dari tangan ibulah asupan gizi dan kesehatan keluarga dikelola. Untuk itu, seorang ibu membutuhkan sumber informasi untuk menjaga agar anak mereka terhindar dari penyakit yang disebabkan kuman.

    Seiring perkembangan zaman, berbagai informasi akan kesehatan bisa didapatkan dari internet. Focus Group Discussion (FDG) menemukan bahwa sebanyak 90 persen para ibu mencari tahu tentang gejala penyakit anak di internet sebelum membawa ke dokter.

    "Seorang ibu memang harus menjaga kesehatan keluarga terutama anak dan saat ini para ibu membaca pencegahan atau penyembuhan sakit pada anak melalui internet," ungkap dr. Gracecielia Piscesianita, MKK, Lifebuoy Social Mission Relation saat ditemui di Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Januari 2015.

    Ersa Mayori, selebriti sekaligus ibu dari dua anak, biasanya mengakses internet untuk mencari informasi tentang kesehatan anak buah hatinya. Untuk mempermudahnya ia menggunakan aplikasi yang mudah diunduh untuk mengetahui gejala, penangangan, atau pencegahan penyakit yang sering diderita anak serta menulis rekam medis si anak.

    Saat ini, salah satu wujud aplikasi macam itu adalah lewat 'Berbagi Sehat'. Selain dapat mengetahui gejala, penanganan, dan pencegahan, aplikasi ini menyediakan catatan medis sang anak. Catatan inilah yang sangat diperlukan untuk diagnosa dan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

    "Biasanya saya memang mencari informasi kesehatan lewat internet karena lebih mudah penangan pertama saat anak sakit sebelum membawanya ke doker," ungkap Ersa.

    Ada tiga catatan rekam medis untuk anak yang harus Anda selalu tulis yaitu, alergi, riwayat imunisasi, serta penyakit turunan. "Catatan rekam medis memang sering dianggap sepele padahal catatan ini sangat diperlukan untuk pemberian obat untuk si anak," ujar dr. Melyarna Putri, MPH, saat ditemui di acara yang sama.

    Selain itu, aplikasi ini dilengkapi fitur Radar Gejala Penyakit yang berguna untuk mendeteksi wabah penyakit yang terdapat di lingkungan sekitar.

    Baca juga:

    Foto Anak Ashanty Tiru Ucapan Syahrini

    Gejala Awal Sakit Mata Bermula dari 4 Masalah Ini

    10 Inspirasi Nama Anak Perempuan dari Bunga

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES