1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    29 Juni 2015 12:42

    Bahaya Kala Mengorek Kuping dengan Cotton Bud

    Cotton buda benar-benar dapat mengganggu proses alami tubuh tersebut.

    Feed - Banyak orang sering menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Tidak salah memang, namun upaya ini rupanya kurang efektif dan justru dapat memicu berbagai penyakit.

    Secara alamiah, tubuh kita sesungguhnya memiliki proses pembersihan sendiri, khususnya pada bagian telinga. Sebab, hal itu akan benar-benar mengganggu proses alami tubuh tersebut.

    via entalexandria.com

    Kotoran dalam telinga adalah zat kekuningan yang umumnya Anda bersihkan menggunakan cotton bud. Tapi tahukah Anda, bahwa kotoran itulah yang sebenarnya bekerja melindungi telinga. Kotoran telinga memiliki anti-bakteri dan pelumas yang bersifat melindungi gendang telinga dengan menjauhkan segala kotoran dan debu.

    Seperti dilansir healthyfoodteam.com, menurut Dr. Douglas dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, membersihkan telinga menggunakan cotton bud akan membuat kotoran terperangkap jauh di dalam telinga. Ini dapat memicu datangnya bakteri dan jamur dari bagian luar telinga ke bagian dalam, sehingga berpotensi menyebabkan infeksi dan rasa sakit. Lebih lanjut, Douglas menjelaskan bahwa ketika membersihkan telinga dengan cotton bud, dapat memberikan sensai gatal dan keinginan untuk menggaruk.

    via medicaldaily.com

    Sebagai solusinya, Douglas memberikan tips sederhana. Caranya dengan cara mencampurkan cuka putih, alkohol, dan air keran. Kemudian teteskan ramuan itu pada telinga. Atau, Anda bisa mengunjungi rumah sakit dengan penanganan yang lebih profesional.

    Baca juga: Panduan Sebelum Menindik Telinga Bayi

    Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

    Bahaya Kue Cubit Bagi Kesehatan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES