1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    4 Februari 2016 12:40

    Awas, Gusi Berdarah Menandakan 4 Penyakit Mematikan

    Gusi berdarah dapat menjadi salah satu tanda dari beberapa penyakit serius.

    Feed.merdeka.com - Gusi yang sehat adalah tanda kebersihan mulut yang baik. Namun ada saat-saat ketika gusi Anda meradang dan sakit yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan mulut.

    Gusi berdarah biasanya disebabkan oleh penghapusan plak yang tidak memadai yang menyebabkan gusi meradang dan menyebabkan gingivitis. Tapi gusi berdarah mungkin tidak menjadi indikator masalah kesehatan mulut. Malah dapat menjadi salah satu tanda dari beberapa penyakit atau kondisi serius.

    Dr Arjun Bedi Kepala Gigi Konsultan dari Dent 'O' Care, New Delhi, India, menjelaskan penyakit apa saja yang ditandai dengan gusi berdarah.

    1. Diabetes
    Ada hubungan yang kuat antara diabetes dan penyakit periodontal termasuk radang gusi. Gusi berdarah biasanya salah satu gejala pertama dari diabetes.

    Mengelola tingkat gula darah hampir tidak mungkin bila ada penyakit gusi perdarahan aktif. Penderita diabetes harus menjaga kesehatan mulut serius untuk menghindari infeksi mulut dan masalah mulut lainnya.

    2. Trombositopenia
    Kondisi ini didefinisikan oleh kekurangan trombosit dalam darah. Hal ini menyebabkan perdarahan jaringan gusi, memar, dan pembekuan darah secara lambat setelah cedera. Hal ini juga dapat menyebabkan lesi oral. Jika Anda memiliki trombositopenia, trauma kecil pun dapat menyebabkan gusi berdarah.

    3. Leukemia
    Salah satu tanda-tanda pertama dari leukemia ialah gusi berdarah. Infiltrasi gingiva oleh sel-sel leukemia membuat gusi berdarah dan muncul hemoragi. Kondisi ini sangat serius yang mungkin memerlukan perhatian segera. Jika Anda telah menjaga kebersihan mulut dengan baik tapi masih pendarahan lebih dari seminggu, segeralah periksa ke dokter gigi.

    4. HIV
    90 persen pasien HIV-positif mengalami setidaknya satu gangguan oral termasuk penyakit gusi dan gusi berdarah karena periodontitis atau gingivitis.

    Baca juga:

    Gejala Awal Kanker Bisa Muncul dari Kulit Anda, Ini Pertandanya

    8 Pertanda Ada yang Salah dengan "Tamu Bulanan" Anda

    Gejala Serangan Jantung pada Kaum Wanita

    10 Gejala Kanker yang Diam-diam Bersemayam di Tubuh Wanita

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES