1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    3 Februari 2016 18:18

    7 Cara Cegah Kecoa Berkembang Biak di Rumah

    Lakukan tujuh cara ini dijamin kecoa akan minggat.

    Feed.merdeka.com - Kecoa merupakan serangga yang sangat menjijikkan dan berbahaya. Biasanya Anda akan membunuh hama tersebut dengan cara memukulnya, tapi perlu Anda ketahui bahwa memukul kecoa bisa berakibat buruk.

    Ketika kecoa dipukul, dari perutnya akan keluar cairan putih yang terdapat cacing kecil dan halus yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Cacing tersebut akan menimbulkan alergi jika masuk ke dalam pori-pori kulit.

    Melansir dari boldsky.com, berikut ini terdapat beberapa tips untuk mencegah kecoa berkembang biak di dalam rumah Anda. Anda tidak perlu repot-repot membeli pembasmi serangga karena Anda dapat menggunakan bahan yang mudah ditemui.

    1. Semprotan bubuk cabai


    Campurkan dua sendok teh bubuk cabai dan air, masukkan dalam botol semprotan. Semprotkan ramuan tersebut pada daerah-daerah di mana Anda pernah melihat kecoa. Lindungi tangan dan wajah dengan menggunakan masker dan sarung tangan saat sedang menyemprotkan ramuan tersebut.

    2. Kayu cedar


    Ketika Anda merasa kesal dengan hama yang satu ini karena terus-menurus muncul, Anda bisa membeli cedar. Anda bisa memilih bentuk bola, balok, atau yang pipih dan letakkan di tempat kecoa sering muncul. Cedar tidak hanya mengusir kecoa tapi juga hama-hama yang lain.

    3. Kapur barus


    Kapur barus merupakan cara efektif menyingkirkan kecoa karena tidak menyukai baunya. Simpan kapur barus pada sudut-sudut lemari atau kamar mandi, tapi jangan tempatkan kapur barus pada lemari penyimpanan makanan karena dapat meracuni manusia.

    4. Daun salam


    Daun yang satu ini umunya digunakan sebagai rempah-rempah untuk melezatkan makanan. Tapi daun salam juga sangat berguna untuk mengusir kecoa karena tidak menyukai baunya. Buatlah kantung-kantung yang berisi dauin ini kemudia sebarkan di beberapa sudut tempat kecoa tinggal.

    5. Minyak mint



    Minyak ini sangat ampuh untuk membunuh kecoa seketika. Minyak ini dapat Anda buat sendiri dengan mencampurkan minyak dengan irisan daun mint. Keuntungan lainnya minyak ini aman jika terkena anak atau hewan peliharaan Anda.

    6. Buang kardus tak terpakai


    Jika Anda memiliki banyak kardus tak terpakai sebaiknya segera singkirkan benda tersebut. Kardus merupakan tempat yang nyaman bagi kecoa untuk tinggal dan berkembang biak.

    7. Jaga rumah tetap bersih


    Membersihkan rumah merupakan kegiatan wajib yang harus Anda lakukan agar terbebas dari kecoa dan hama yang lain. Anda harus rajin membersihkan dapur setiap hari, jangan biarkan cucian piring menumpuk dengan sisa-sisa makanan. Perbaiki jika ada dinding atau lantai yang retak, juga jendela agar kecoa dan hama lain tidak bisa masuk.

    Baca juga:

    Ucapkan Selamat Tinggal pada Kecoa dengan 5 Cara Ini

    Ini yang Harus Anda Lakukan Bila Ada Serangga Masuk Telinga

    5 Serangga Paling Menyeramkan yang Bisa Hidup di Tubuh Manusia

    Warga Kota Ini Antre di Restoran Mau Makan Serangga

    Intip Jepretan Serangga Cantik dari India

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES