1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    3 Februari 2016 16:40

    7 Manfaat Mengagumkan Ketika Manusia Berhenti Makan Daging

    Perubahan ini bernilai positif dan baik buat kesehatan.

    Feed.merdeka.com - Banyak orang mengatakan bahwa menjadi seorang vegetarian akan kekurangan protein. Padahal menurut American Dietetic Association, menjadi seorang vegetarian akan menyehatkan tubuh, memberikan gizi sesuai kebutuhan, dan memberikan manfaat pada kesehatan dengan melakukan pencegahan sekaligus pengobatan terhadap penyakit tertentu

    Mengutip dari lifehack.org, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003 menunjukkan bahwa 20 persen vegetarian hidup lebih lama dibandingkan dengan orang non-vegetarian. Hal mendasar menjadi seorang vegetarian yaitu berhenti memakan daging. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang vegetarian, tujuh hal menakjubkan ini akan Anda dapatkan.

    Image result for glow skin

    1. Kulit lebih bercahaya
    Berhenti memakan akan daging bermanfaat bagi kulit Anda juga. Menurut ahli gizi holistik, Susan Tucker MD, ketika menjadi seorang vegetarian, asupan makanan akan lebih banyak mengandung mineral, anti-oksidan, dan serat yang membantu proses detoksifikasi dan membuat kulit lebih cerah. Selain itu akan menyembuhkan masalah kulit yang lain seperti jerawat dan eksim.

    2. Kandungan asam pada tubuh berkurang
    Tucker mengatakan produk hewani dan turunannya akan menyebabkan asam di dalam tubuh. Ketika terlalu banyak asam dalam tubuh maka akan menyebabkan mual, kelelahan, sakit kepala, dan pengelihatan kabur. Seorang vegetarian yang mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan energi dan memperjelas penglihatan.

    Image result for vegetarian

    3. Konsumsi protein yang tepat
    Orang akan berpikir jika menjadi seorang vegetarian akan membuat kebutuhan protein tubuh tidak terpenuhi. Sebenarnya ketika memakan daging tubuh mendapatkan protein 1,5 lebih banyak dari yang dibutuhkan. Kelebihan protein tersebut akan menjadi lemak dalam tubuh yang akan menyebabkan kenaikan berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

    4. Kolesterol akan berkurang
    Seperti layaknya peradangan, naiknya kadar kolesterol darah juga dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Produk hewani seperti daging dan keju yang tinggi dengan lemak jenuh dapat menyebabkan naiknya kolesterol yang berdampak pada kondisi jantung.

    Image result for lost weight

    5. Menurunkan berat badan
    Keuntungan lain dari menjadi seorang vegetarian yaitu dapat menurunkan berat badan. Banyak orang yang mengalami penurunan berat badan ketika pertama kali beralih menjadi seorang vegetarian, sebabnya protein yang mereka konsumsi hanya tahu dan tempe saja.

    6. Mengurangi risiko penyakit umum
    Salah satu manfaat paling besar ketika menjadi seorang vegetarian yaitu dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit serius. Menurut dokter Michele McMacken, mereka yang memakan daging akan mengalami peningkatan kadar peradangan. Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit autoimun, diabetes, stroke, dan serangan jantung.

    7. Berdampak baik pada lingkungan
    Menjadi seorang vegetarian akan berdampak positif bagi lingkungan dan satwa liar. Menurut artikel yang diterbitkan oleh Pacific Standard, peternakan adalah penyumbang terbesar emisi gas rumah kaca, dibandingkan dengan polusi dari kendaraan. Untuk itu jika mengurangi panganan dari peternakan akan mengurangi kerusakan alam.

    Baca juga:

    Efek Samping Mengonsumsi Daging Merah

    5 Alasan Jadi Vegetarian

    Singkirkan Pestisida dari Buah dan Sayuran dengan Cara Ini

    Singkirkan Buahnya, Makanlah Biji Pepaya demi 7 Faedah Ini

    5 Buah Segar Pemutih Alami Terbaik untuk Kulit

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES