1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    19 Agustus 2015 10:34

    Efek Samping Mengonsumsi Daging Merah

    Daging merah bisa memicu darah tinggi hingga penyakit jantung.

    Feed - Siapa yang tak tergoda dengan olahan kuliner berbahan pokok daging merah? Lezat dan berlemak, seperti itulah rasanya ketika olahan daging tersebut memanjakan lidah.

    Daging merah diyakini mampu membuat seseorang lebih bahagia. Tetapi di sisi lain, daging merah juga bisa menjadi bumerang bagi kesehatan Anda. Mulai dari kolesterol, darah tinggi, hingga penyakit jantung. Berikut efek samping mengonsumsi daging merah.

    Mengakumulasi racun

    via taste.com.au

    Meski daging merah berlimpah akan kandungan zat besi dan protein, daging merah juga membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Daging merah memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi dan akan lebih berbahaya jika dikombinasikan dengan bawang goreng, kentang, dan minuman berkalori tinggi. Selain itu, daging merah juga sulit untuk dicerna yang bisa berujung pada menumpuknya racun dalam tubuh.

    Berpotensi menimbulkan kanker

    via tried-and-tested-recipes.com

    Berdasarkan sebuah penelitian, daging merah berpotensi menimbulkan penyakit kanker usus. Hal itu dipicu dari warna daging merah terang yang berasal dari bagian sel darah yang mengikat dengan oksigen.

    Seperti dikutip healthyfoodteam.com, sel darah tersebut berkontribusi memberikan warna merah pada daging. Bahayanya, bila sering dikonsumsi, kandungan kimia di dalamnya dapat membahayakan lapisan usus dan meningkatkan risiko timbulnya kanker.

    Apa yang sebaiknya dilakukan?

    via betterrecipes.com

    Dari dua fakta yang telah dijabarkan sebelumnya, Anda tidak perlu cemas. Karena penelitian tersebut sejauh ini diuji pada tikus. Penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah hal yang sama terjadi pada manusia.

    Jika Anda salah satu penikmat olahan daging merah, Anda bisa menyantapnya setiap malam, satu atau dua porsi daging merah per minggu. Perlu diingat, meski hasil penelitian tersebut belum terbukti pada manusia, Anda harus tetap menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk mencegah penyakit yang siap menyerang Anda.

    Baca juga:

    Mengapa Makanan Diet Itu Tidak Memuaskan?

    Mimpi Punya Perut Rata? Konsumsi 5 Makanan Ini

    5 Bahan Makanan Penangkal Jerawat

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES