1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    13 Januari 2016 11:06

    10 Gejala Kanker yang Diam-diam Bersemayam di Tubuh Wanita

    Berikut ini tanda-tanda yang harus Anda ketahui sebelum kanker menyebar di dalam tubuh.

    Feed.merdeka.com - Penyakit kanker ovarium merupakan penyimpangan kesehatan yang terletak di sistem reproduksi wanita. Faktor yang menyebabkan kanker ini di antaranya faktor usia, faktor genetik, dan penggunaan alat kontrasepsi yang tidak benar.

    Biasanya kanker ovarium diketahui jika sudah stadium empat, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui gejala-gejala yang diberikan oleh tubuh. Seperti yang dilansir dari healthyfoodteam.com, berikut ini tanda-tanda yang harus Anda ketahui sebelum kanker menyebar dan bisa diobati sejak dini.

    via healthyfoodteam.com

    1. Sering sakit punggung
    Bila Anda tidak memiliki sejarah penyakit nyeri sendi atau osteoporosis namun sering mengalami sakit punggung, itu adalah pertanda ada yang salah di tubuh. Mulailah periksakan diri Anda ke dokter. 

    2. Nyeri pada perut dan panggul
    Stop kecilkan nyeri panggul atau nyeri pada perut. Itu tandanya Anda membutuhkan bantuan medis.

    3. Menstruasi tidak teratur
    Menurut penelitian, wanita di atas umur 55 tahun lebih berisiko untuk terkena kanker ovarium. Tapi faktanya wanita yang lebih muda juga bisa terjangkit kanker ini. Malah, wanita yang belum mendapat siklus bulanan lebih rentan terkena kanker.

    via medicinerevealed.com

    4. Selalu merasa kelelahan
    Wanita yang terjangkit kanker ovarium biasanya sering mengalami mual, pusing, sesak napas, nafsu makan yang rendah, dan selalu merasa lelah. 80 persen wanita yang terkena kanker ovarium pernah mengalami setidaknya satu dari gejala tersebut.

    5. Merasa kenyang tanpa banyak makan
    Anda akan merasa kenyang meski hanya makan sedikit. Mereka yang pernah mengalami ini biasanya menganggap itu hanya karena masalah pada sistem pencernaan. Tapi sebenarnya ini adalah gejala umum tumbuhnya kanker ovarium di tubuh.

    6. Sakit saat berhubungan intim
    Menurut artikel yang diterbitkan di Medical News Today, ketika Anda merasa kesakitan saat berhubungan seksual, merupakan gejala dari kanker ovarium. Biasanya hal ini disertai rasa ingin buang air kecil yang mendesak serta terasa nyeri pada panggul seperti tertekan.

    via skynews.com.au

    7. Muntah
    Menurut seorang dokter kandungan dari Amerika Serikat, Jeffrey Stern, kanker ovarium biasanya disertai dengan sembelit. ketika kanker tumbuh, akan muncul rasa mual, muntah, dan kehilangan berat badan.

    8. Perut kembung
    Perut Anda akan terasa kembung dan terlihat seperti wanita hamil? Jika Anda mengalaminya, segera periksakan ke dokter.

    9. Tumbuh rambut
    Ini mungkin bukan gejala paling umum terjadinya kanker ovarium, tetapi tidak boleh diabaikan. Tapi beberapa wanita mengalami kerontokan pada rambut sebagai gantinya.

    10. Sering sembelit
    Sembelit merupakan efek samping karena tumbuhnya kanker ovarium, yang secara langsung memengaruhi sistem pencernaan, dan perut. Sembelit merupakan gejala awal tumbuhnya kanker, biasanya gejala ini dibarengi dengan kehilangan nafsu makan, dan perut kembung.

    Baca juga:

    Cara Mudah Deteksi Gejala Kanker Usus Besar

    Cara Mendeteksi Kanker Payudara Tanpa Harus ke Dokter

    Inilah Gejala Awal Kanker pada Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES