1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter :     13 Januari 2016 10:04

    Apa itu Gafatar yang "Menghilangkan" Dokter Rica

    Gerakan ini mengatasnamakan damai tapi menolak masuk ke ranah agama.

    Feed.merdeka.com - Nama Rica Tri Handayani mendadak tenar ketika wanita berprofesi dokter itu dilaporkan hilang pada Desember 2015 silam. dr Rica, demikian ia disapa, raib dari rumah bersama putranya yang masih balita. Setelah melalui pencarian, dr Rica ditemukan di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Senin, 11 Januari 2016.

    Menghilangnya perempuan berjilbab ini ternyata karena ia bergabung dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Ini membuat masyarakat bertanya-tanya, apa itu Gafatar? Mengapa anggotanya banyak yang menghilang misterius?

    Dalam blog resminya, Gafatar menuliskan garis perjuangan yang dilakukan adalah memperjuangkan keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan. Organisasi ini beranggapan nilai-nilai moral spiritual dan budaya nusantara mengalami kemerosotan.

    Organisasi ini dipimpin oleh Mahful M Tumanurung yang mengatakan organisasi yang dipimpinnya tak menyentuh masalah keagamaan. Bahkan dia menyebutkan Gafatar tak akan mengubah bentuknya menjadi organisasi keagamaan.

    "Masalah keagamaan bukanlah menjadi ranah kerja Gafatar. Urusan agama kita serahkan kepada ahlinya dan pribadi masing-masing," kata Tumanurung.

    Dalam blog lainnya, untuk menjadi anggotanya, calon anggota Gafatar diwajibkan mengucapkan tiga butir janji. Janji tersebut bersifat mengikat. Dalam blog lainnya, disebutkan para anggota harus merelakan harta dan jiwanya untuk perjuangan organisasi ini.

    Digerebek di Aceh

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES