1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Wens    9 November 2015 17:02

    8 Pertanda Ada yang Salah dengan "Tamu Bulanan" Anda

    Jangan anggap ringan jika satu dari delapan hal ini terjadi pada Anda.

    Feed - Datang bulan merupakan masa yang kurang menyenangkan buat wanita. Tapi mau tidak mau, itulah siklus sehat yang harus dihadapi kaum Hawa. Namun, waspada pada delapan pertanda berikut. Apabila mengalaminya, sudah saatnya Anda menuju ke pakar ginekologi untuk memeriksakan diri.

    via www.thepaincentre.co.nz

    1. Masa haid tidak beraturan
    Percaya atau tidak, beberapa wanita tidak pernah mencapai siklus normal 28 hari. Karena siklus antara 21 hari hingga 45 hari juga dianggap normal. Tapi waspadalah ketika siklus Anda tiba-tiba berubah. Contoh, misalkan siklus normal Anda biasanya 35 hari, tapi tiba-tiba menurun tajam ke angka 22 hari. Itu sudah menjadi "alarm" ada sesuatu yang salah di tubuh Anda.

    2. Masa haid terlalu cepat atau terlalu lambat
    Jika masa haid Anda tiba sebelum 21 hari atau lebih dari 45 hari, ini mungkin sebuah tanda terjadi sesuatu perlu diperiksakan. Ini umumnya disebabkan hipertiroid atau hipotiroidisme yaitu terlalu terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid. Diet ketat dan terlalu giat berolahraga dapat juga menyebabkan masa haid datang terlambat.

    3. Masa haid datang dengan kram yang parah
    Kram memang biasa terjadi saat masa haid. Tetapi ketika kram mulai mengganggu aktivitas hidup, maka itu pertanda sebuah masalah. Kadang kala kram yang parah berhubungan dengan produksi prostaglandin yang tinggi oleh rahim.

    4. Volume darah tidak normal
    Bila Anda menggunakan pembalut sebanyak tiga hingga enam buah per hari, maka itu wajar. Akan tetapi, jika Anda mengeluarkan darah lebih dari tujuh hari dan mengganti pembalut setiap satu jam sekali, maka itu pertanda telah terjadi sesuatu yang abnormal. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti hipotiroidisme, kista, dan polip.

    via www.panadol.co.uk

    5. Berdarah di antara masa haid
    Pendarahan seperti menstruasi di masa tenggang haid bukanlah perkara ringan. Ini bisa jadi pertanda rendahnya kadar progesteron atau ketidakseimbangan hormon. Ini bisa juga menjadi pertanda akan menopause dan efek samping dari alat kontrasepsi.

    6. Haid disertai dengan gumpalan
    Jangan anggap ringan gumpalan darah yang berlebihan kala datang bulan. Karena bisa saja hal itu adalah gejala dari Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), gangguan tiroid, atau gangguan darah seperti Penyakit Willebrand’s.

    7. Terlambat masuk masa haid
    Apabila ada saudara/keponakan/anak Anda berusia 16 dan belum datang bulan, jangan ragu berdiskusi dengan ginekolog Anda. Keterlambatan ini bisa disebabkan karena tidak teraturnya pola makan. Bisa juga karena masalah hormon dan terlalu banyak berolahraga.

    8. Haid tidak datang
    Kebanyakan kasus tidak datang bulan adalah karena kehamilan. Jika Anda tidak sedang hamil tapi masa haid belum juga datang, artinya ada beberapa alasan yang terjadi. Gangguan PCOS, penggunaan alat kontrasepsi, nutrisi yang buruk, depresi, stres atau penyakit lain. Tetapi, terlambatnya datang bulan juga bisa disebabkan oleh masalah yang lebih serius, yaitu kanker rahim. (Arman Maulana Azis/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    5 Trik Alami untuk Mempercepat Durasi Menstruasi

    Segera Lupakan Mitos-Mitos Menstruasi Ini

    Tiga Jenis Buah Pereda Nyeri Saat Menstruasi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES