1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    18 Mei 2016 14:25

    Apakah Memadukan Susu dan Buah Aman Bagi Kesehatan?

    Mencampur susu dan buah sebenarnya tergantung kondisi seseorang.

    Feed.merdeka.com - Sebagian orang memiliki anggapan bahwa susu dan buah tidak baik dicampur. Faktanya, mengonsumsi susu dicampur dengan buah tidak berisiko bagi kesehatan.

    "Buah memang memiliki asam yang bisa berisiko pada lambung. Namun, jika tidak diminum berlebihan susu dicampur dengan buah tidak masalah," ujar Dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp. A, konsultan Gastrohepatologi, RS Awal Bros dan Evasari Awal Bros, saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

    Buah dan susu tidak menyebabkan keasaman berlebih. Namun, mencampur susu dan buah sebenarnya tergantung kondisi seseorang. Apakah ia memiliki masalah pencernaan atau tidak.

    (Baca: Daftar Nama Buah dengan Kandungan Gula Tertinggi)

    "Bila tidak ada masalah pada pencernaan, tidak apa-apa Anda mengonsumsi susu dicampur buah. Kondisi seseorang tidak bisa disamaratakan. Jadi bila seseorang tidak ada masalah pada kesehatan, terutama pada pencernaan dan lambung, susu dan buah aman dikonsumsi," tambah dr. Frieda.

    Selain itu, mengonsumsi buah secara instan seperti sirup atau jus tidak disarankan. Sebaiknya makanan buah langsung dimakan tidak usah melalui proses pengolahan.

    "Buah memang baik bagi kesehatan untuk melengkapi kebutuhan mineral. Sebab kebutuhan mineral tidak mungkin didapat hanya dari makanan utama kita," tutup dr. Frieda.

    Baca juga:

    Setelah Baca Ini, Anda Tidak Lagi Buang Kulit Buah

    Dampak Hebat Terlalu Sering Menjadikan Buah Sebagai Jus

    Cara Cerdas Membiasakan Anak Makan Buah dan Sayur

    5 Buah Merah Paling Ampuh untuk Susutkan Berat Badan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES