1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    17 Mei 2016 14:27

    6 Jenis Campuran Pembersih Rumah yang Pantang Digunakan

    Campuran bahan kimia berikut hanya akan menimbulkan keracunan bahkan ledakan.

    Feed.merdeka.com - Ketika membersihkAn rumah, Anda pasti selalu menggunakan produk pembersih agar noda mudah hilang. Sebagian orang menganggap mencampur dua atau bahkan lebih produk pembersih sangat efektif menghilangkan noda membandel.

    Sayangnya, mencampur produk pembersih lainnya hanya akan merugikan. Seperti yang diungkapkan Nancy Bock, Senior VP of Education dari The American Cleaning Institute. Produk tertentu tidak dapat dicampur dengan produk lainnya sebab akan mengakibatkan udara yang tidak aman atau reaksi kimia yang berlebih bahkan keracunan.

    Berikut panduan produk yang tidak bisa Anda campur ketika ingin membersikan noda di rumah.

    1. Pembersih saluran 

    Jangan pernah mencampurkan dua produk pembersih saluran berbeda. Sebab dapat menyebabkan ledakan.

    2. Baking soda dan cuka



    Baking soda dan cuka bila digunakan secara terpisah memang ampuh untuk menghilangkan noda. Namun, apabila kedua bahan ini dicampurkan hanya akan mendapatkan sebagaian besar air dan natrium asetat. Bahkan jika disimpan dengan wadah tertutup campuran tersebut dapat meledak.

    3. Hidrogen peroksida dan cuka


    Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus menyemprotkan buah dengan hidrogen peroksida dan cuka agar buah awet. Namun, jika mencampurkan kedua produk tersebut dalam wadah yang sama akan menciptakan asam perasetat yang akan berpotensi beracun dan mengiritasi kulit, mata, dan sistem pernafasan.

    4. Cuka dan pemutih



    Jika cuka dan pemutih dicampurkan akan menghasilkan gas klorin yang menyebabkan batuk, masalah pernafasan, dan mata berair.

    5. Pemutih dan ammonia


    Bila kedua produk tersebut dicampurkan akan menghasilkan gas beracun yang disebut kloramin. Gas beracun ini akan menyebabkan Anda sesak nafas dan nyeri dada. Pembersih kaca atau jendela banyak mengandung amonia, sehingga Anda tidak perlu mencampurnya dengan pemutih.

    6. Pemutih dan alkohol

    Pernah mendengar tentang kloroform? Bahan ini yang biasanya ada di film saat adegan penjahat melumpuhkan korban hingga pingsan menggunakan sapu tangan yang sudah dilapisi dengan klorofom. Bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi dan beracun.

    Untuk itu, jangan pernah Anda mencampur pemutih dengan apapun kecuali air putih. Bahkan produk lain seperti pembersih jendela dan toilet toilet yang mengandung asam atau amonia.

    Baca Juga:

    Lima Langkah Efisien Membersihkan Rumah

    Cara Mudah Membersihkan Wajan Kurang Dari Satu Menit

    Trik Membersihkan Wadah Plastik

    Tips Membersihkan Kamar Mandi dalam Tempo 15 Menit

    Tips Membersihkan Perhiasaan Agar Tetap berkilau

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES