1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    3 Maret 2015 16:46

    6 Panduan Berwisata ke Tempat Ibadah

    Anda akan lebih bersahabat dengan perbedaan ketika melakukan wisata ini.

    Feed - Destinasi wisata saat ini semakin luas, apalagi tempat-tempat ibadah termasuk ke dalam rentetan tempat wisata. Di Indonesia, sudah lama tempat ibadah menjadi lokasi wisata. Seperti Klenteng Petak Sembilan di Jakarta Utara, Mesjid Agung di Demak, dan Masjid Istiqlal, Jakarta.

    Klenteng Ji De Yuan via jalan2.com

    Agar perjalanan wisata Anda menuju tempat-tempat ibadah menyenangkan, ada beberapa hal perlu diperhatikan. Selengkapnya Ragam Petunjuk Wisata ke Tempat Ibadah via kompas.com.

    1. Lapor
    Selalu lapor atau bertemu dengan penjaga tempat ibadah. Jika Anda tidak menemui tempat tiket atau lapor, setidaknya Anda dapat bertanya mengenai aturan, batasan wilayah, dan batasan tingkah laku.

    2. Sumbangan

    Salah satu suasana sebuah klenteng didatangi banyak pengemis saat Imlek via bijaks.net

    Jangan terlalu kaget atau tersinggung jika dimintai uang sumbangan di kawasan wisata tempat ibadah, itu hal lumrah. Bila Anda tidak ingin merasa dirugikan, Anda dapat bertanya kepada orang lokal atau pemandu wisata untuk harga wajar dalam menyumbang di tempat ibadah tersebut.

    3. Pakaian
    Berpakaian sopan dan tertutup sepertinya sudah menjadi hal biasa bagi umat beragama. Hal ini turut Anda lakukan, meski kunjungan Anda dalam rangka berwisata. Hindari pakaian terbuka dan celana pendek. Selain itu, lebih baik siapkan syal agar bisa menutupi bagian tubuh Anda sepertii rambut.

    4. Alas kaki
    Melepas alas kaki jangan lupa dilakukan dan jangan melawan aturan. Siapkan kantung plastik dan kaus kaki agar kaki Anda dapat terhindar dari kotor atau panas.

    5. Menstruasi
    Menstruasi seorang perempuan juga perlu diperhatikan bila berkunjung ke tempat ibadah. Ingat, tempat yang Anda kunjungi tersebut tetap tempat ibadah suatu agama. Masjid atau pura memiliki aturan agama yang melarang perempuan menstruasi masuk ke dalam gedungnya.

    6. Tenggang rasa

    Ilustrasi enam tokoh agam via republika.co.id

    Paling penting dari tips berwisata ke tempat ibadah ini ialah siapkan mental dan sikap dengan tidak mengganggu orang yang datang untuk beribadah. Suara-suara itu tanpa disadari dapat mengganggu konsentrasi orang yang sedang ibadah. Maka, hargailah norma antar-umat beragama selama wisata ke tempat-tempat ibadah.

    Dengan menghormati orang lain dalam berwisata Anda tidak hanya mendapat pengalaman baru berkunjung ke tempat unik. Namun Anda akan merasakan kenikmatan tersendiri mengenal agama lain hingga lebih meningkatkan kualitas hidup dalam beragama. 

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES