1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. R
  6.  » 
  7. RUMAH


  8. Reporter : Anisha    19 Oktober 2015 15:50

    7 Hal yang Harus Anda Amankan agar Anak Selamat Bermain di Rumah

    Ketujuh hal ini penting Anda amankan untuk mengurangi risiko anak terluka.

    Feed - Anak akan selalu menjadikan rumah sebagai lokasi bermain. Sayangnya, pergerakan yang tidak bisa ditebak dan pemahaman mereka yang masih minim membuat rumah menjadi kurang aman. Sudah sering'kan Anda mendengar kasus anak yang jatuh dan menderita luka cukup parah kala berlarian di rumah?

    Maka itu, untuk mengurangi risiko tersebut, ada beberapa langkah-langkah keamanan yang dapat dilakukan oleh Anda sebagai orangtua. Paling tidak ada tujuh hal yang harus Anda amankan lebih dulu agar anak Anda yang aktif tidak terluka.



    1. Jauhkan deterjen, sabun, dan bahan kimia pembersih
    Jauhkan dari jangkuan anak semua bahan kimia pembersih rumah tangga yang berbahaya. Ini untuk menghindari risiko keracunan dan agar tidak tertelan. Jangan juga membiarkan kosmetik, perlengkapan mandi, bahkan botol obat, tergeletak dalam jangkauan mereka.

    2. Awasi kala bermain air
    Meninggalkan anak-anak sendirian di air, bahkan untuk beberapa detik saja, bisa berbahaya karena anak bisa tenggelam. Terus awasi pergerakan mereka kala bermain dengan air dan kolam.



    3. Sisakan area kosong di tempat tidur
    Agar anak merasa nyaman kala terlelap, ada baiknya Anda membiarkan area kosong di atas kasur. Jangan menumpuk kain atau mainan di atasnya. Area luas ini juga berguna kala mereka berguling-guling saat tidur.

    4. Jauhkan senjata api/tajam
    Anak yang belum paham dengan bahaya senjata api/tajam, akan penasaran dengan benda tersebut. Jauhkan dari jangkauan mereka atau sama sekali singkirkan dari lokasi mereka bermain.

    (Baca: Tragis, Orangtua yang Dibunuh Balitanya Sendiri)

    5. Makanan
    Awasi makanan camilan yang suka anak asup. Makanan dengan ukuran mungil dapat membuat mereka tersedak dan sulit bernapas. Selain itu, awasi juga benda-benda kecil macam koin, kacang, dan kancing, balita yang belum mengerti kerap menganggapnya sebagai permen yang sedap disantap.

    6. Pasang detektor alarm kebakaran
    Pasang detektor dan alarm untuk memberi peringatan awal jika ada suatu bencana yang terjadi. Pastikan anak-anak akrab dengan suara alaram tersebut sehingga mereka tidak panik bila mendengarnya.

    7. Kebersihan binatang peliharaan
    Pilihan hewan peliharaan mencerminkan gaya hidup keluarga Anda. Tapi pastikan juga keamanan, kebersihan, dan faktor kedekatannya dengan anak. Jangan biarkan anak Anda takut dengan mereka atau bahkan diserang oleh hewan peliharaan di rumah. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Anak Hilang yang Berakhir Tragis

    5 Makanan Sehat Paling Buruk Untuk Kesehatan

    Video Jenaka Bocah Dimarahi Ibu, Dijamin Bikin Tertawa

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES