1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Anisha    22 April 2016 18:10

    4 Tes Mudah untuk Menguji Ketajaman Otak Anda, Siap?

    Saking mudahnya, empat tes ini bisa Anda lakukandi rumah.

    Feed.merdeka.com - Bertambahnya usia membuat seseorang menjadi pelupa. Tidak seperti anak-anak yang mampu menyaring informasi secara mudah.

    Seperti yang dikatakan Sandra Obligasi Chapman, PhD, pendiri dan Direktur Center for Brain Health di Universitas of Texas, Dallas, AS. Ia menjelaskan kurang tidur, mengerjakan tugas terlalu banyak, serta bertambahnya usia, merupakan faktor yang menyebabkan memori akan menurun.

    "Selain faktor tersebut, ada beberapa masalah dengan memori yang harus diperhatikan dan bisa pertanda Anda terkena demensia," ujar Chapman.

    Sebaiknya sebelum Anda pergi berkunjung ke dokter untuk berkonsultasi, Anda bisa menguji memori diri dengan tes mudah berikut. Saking mudahnya, bisa Anda lakukan sendiri di rumah seperti yang dilansir prevention.com berikut.

    1. Gambar jam dinding


    Ambil selembar kertas dan pulpen, mintalah teman Anda untuk menyebutkan waktu tertentu dalam sehari. Lalu, gambar jam dinding lengkap dengan angka jam hingga 12 jam.

    Setelah itu, gambar jarum jam sesuai dengan waktu yang disebutkan teman Anda tadi. Jika sudah selesai, mintalah teman Anda untuk memeriksa gambar yang Anda buat, apakah tepat angka dan waktunya?

    2. Cari barang yang hilang


    Untuk tes berikut, Anda membutuhkan teman untuk membantu. Minta teman Anda untuk menaruh 10 sampai 20 barang berukuran kecil di nampan atau meja. Barang tersebut dapar berupa kue, baterai, kunci. Lallu mintalah teman Anda menutupi barang-barang tersebut dengan handuk.

    Bila Anda sudah siap, mintalah teman Anda membuka handuk itu selama satu menit. Gunakan kesempatan itu untuk mengingat semua benda yang ada di atas nampan tersebut.

    Setelah satu menit habis, tutup kembali nampan dengan handuk. Kemudian mintalah teman Anda untuk mengacak benda tersebut agar tidak di tempat semula. Tugas Anda adalah melihat lagi dan mencari tahu barang apa yang hilang dari posisinya.

    3. Menuliskan barang


    Gunakan baki atau meja untuk menyimpan sepuluh hingga 20 barang. Sebelum ditutup dengan handuk, lihatlah dan hapalkan barang tersebut selama satu menit. Jika waktu habis, mulailah tuliskan benda apa saja yang Anda ingat dari atas nampan tersebut.

    4. Tes Cogniciti


    Tes Cogniciti ini dapat mengukur memori ingatan otak Anda. Tes ini termasuk kuis untuk mengingat urutan kata-kata atau urutan nomor. Pada akhir tes, Anda akan menerima skor kesehatan otak Anda, serta petunjuk tentang apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan ketajamannya.

    Baca Juga:

    Kami Tebak Kepribadian Anda dari Cara Mengepalkan Tangan, Siap?

    Kami Bisa Tebak Kepribadian dari Panjang Rambut Anda, Siap?

    Kami Tebak Kepribadian Anda dari Bentuk Bibir, Siap?

    Menebak Kepribadian Pria dari Caranya Menyetir

    Tebak Kepribadian dari Pilihan Kopi, Apa Kopi Kesukaan Anda?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES