1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PENGETAHUAN


  8. Reporter :     20 November 2017 15:02

    Ini alasan kenapa semut selalu berhenti sejenak saat berpapasan

    Ketika bertemu semut lain, mereka saling...

    Feed.merdeka.com - Melihat semut berhenti sejenak saat berpapasan dengan kawannya merupakan hal yang biasa. hampir semua semut begitu. Namun, pernahkah terpikir mengapa semut melakukan itu?

    Dikutip dari quora.com, semut berkomunikasi menggunakan bahan kimia yang sebagian besar keluar dari exoskeleton atau tubuh bagian luar. Bahan kimia tersebut bertindak sebagai penanda bagi semut agar mereka dikenali. Mereka memberitahu semut lain tentang koloni asalnya, kasta (pekerja, tentara, ratu) dan sebagainya.

    Semut berinteraksi menggunakan antena di kepala mereka. Ketika bertemu semut lain, mereka saling menggesekkan antena untuk mengetahui tentang identitas dan untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan bahan makanan.

    Ilmuwan di Stanford University menemukan bagaimana semut yang berada di sarang dapat mengetahui hitungan jumlah semut yang akan datang membawa makanan.

    Semut-semut akan memberitahu tentang adanya makanan di luar sarang sehingga semakin banyak semut pekerja yang datang untuk mencari makanan. Mereka menyebut ini dengan "Anternet".

    Ada perilaku unik semut lainnya yang dinamakan trophallaxis di mana hal ini yang menunjukan semut-semut nampak seperti berciuman.Ternyata semut-semut itu akan bertukar makanan dengan cara memuntahkan cairan.

    Dengan melakukan trophallaxis, semut sebenarnya menyuapi semut lain yang tidak pernah keluar dari sarangn, misalnya semut ratu, semut pembersih sarang, dan bayi semut.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES