1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     23 Desember 2017 13:00

    Hanya dalam 10 menit tumit pecah-pecah hilang dengan cara alami ini

    Jika tidak segera diobati, tumit pecah-pecah bisa menyebabkan infeksi.

    Feed.merdeka.com - Tumit pecah-pecah menjadi masalah wanita yang sangat menjengkelkan. Keretakan pada tumit disebabkan oleh berbagai alasan, seperti kurangnya pelembab, dehidrasi, cuaca dingin dan kering, terlalu banyak polusi, berendam di air dalam waktu lama, penuaan, hingga penggunaan sabun yang terlalu keras di kaki Anda.

    Karena tidak ada kelenjar minyak di tumit, area kaki ini umumnya kering. Berdiri di lantai yang dingin dan keras untuk waktu yang lama, berjalan kaki terlalu lama, dan kelebihan berat badan, juga merupakan alasan lain mengapa tumit retak.

    Jika tidak diobati untuk waktu yang lama, akan menyebabkan keretakan kulit yang menyakitkan, yang akan membuat sulit untuk berjalan dan juga dapat menyebabkan infeksi.

    Agar kulit tumit Anda kembali normal seperti sedia kala, berikut beberapa cara alami untuk mengobatinya seperti dikutip Boldsky.

    1. Pengelupasan kulit

    Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan sel kulit mati dari kaki Anda. Kulit di sekitar tumit yang tebal dan kering akan semakin retak saat Anda memberi tekanan.

    Caranya: Rendam kaki Anda dengan air hangat selama 10-15 menit. Gosok dengan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati dari tumit Anda. Keringkan kaki Anda dengan handuk bersih. Oleskan heel balm, pelembab ringan, atau petroleum jelly di daerah yang terkena. Pakailah kaus kaki katun. Lakukan ini setiap hari, sampai kaki Anda halus dan lembut.

    Catatan: Jangan menggosok kaki saat kering. Ini akan merusak kulit Anda.

    2. Minyak Nabati

    Lemak yang ada dalam minyak nabati dapat memberi nutrisi pada kulit dan membuatnya lembut dan halus.

    Caranya: Rendam kaki Anda di air hangat selama 10 menit dan gosok kaki Anda dengan batu apung atau loofah. Keringkan kakimu. Oleskan minyak nabati di tumit Anda. Kenakan sepasang kaus kaki katun dan biarkan mereka bermalam. Ulangi proses ini selama beberapa hari, sampai retakan benar-benar hilang.

    3. Alpukat dan Banana Foot Mask

    Alpukat dikenal sebagai "Nature's Butter" dan kaya akan minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit yang rusak. Pisang adalah pelembab yang bagus dan membuat kulit Anda halus dan lembut.

    Caranya: Campurkan satu pisang matang dan setengah alpukat dengan blender. Buatlah menjadi pasta yang halus. Terapkan pasta ini di seluruh tumit dan kaki Anda. Biarkan selama 15-20 menit. Cuci dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini setiap hari sampai tumit Anda menjadi lembut dan halus.

    4. Jus Lemon dan Minyak Jelly

    Sifat asam dalam lemon membantu Anda menyingkirkan kulit kering. Jelly petroleum adalah pelembab yang bagus dan membuat kulit Anda lembut dan enak.

    Caranya: Rendam kaki Anda dengan air hangat selama 20 menit. Keringkan dengan handuk bersih. Dalam mangkuk, campurkan satu sendok makan petroleum jelly dengan beberapa tetes jus lemon. Oleskan campuran ini ke tumit dan kaki Anda, pijat sampai campuran diserap ke dalam kulit. Gunakan sepasang kaus kaki katun bersih dan biarkan semalam. Lakukan ini secara teratur sebelum tidur.

    Tips Mencegah Tumit Pecah-pecah

    Ada berbagai cara untuk mencegah kesehatan kulit tumit. Selalu jaga kaki atau tumit selalu lembab. Pakailah sepatu yang nyaman dan hindari paparan berlebih terhadap polusi. Gosok tumit Anda secara teratur. Pijat kaki Anda dengan minyak untuk mencegah kekeringan. Minum banyak air.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES