1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. V
  6.  » 
  7. VIRAL NEWS


  8. Reporter :     17 Desember 2017 16:00

    Gadis 10 tahun infeksi otak setelah sang ibu memencet komedonya

    Setelah komedo dipencet, tak lama kemudian gadis itu mulai demam, merasa pusing, lalu muntah-muntah. Ternyata...

    Feed.merdeka.com - Banyak orang pasti memiliki kebiasaan untuk memegang-megang jerawat yang muncul di wajah. Bukan hanya memegang, bahkan memencet, menusuk, dan mencubitnya, dianggap seperti solusi yang menggoda dan cepat untuk menyingkirkan jerawat.

    namun, sesungguhnya kebiasaan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Pelajaran tersebut menimpa seorang gadis malang dan keluarganya beberapa minggu yang lalu di Guangzhou, China, ketika seorang wanita membantu memencet komedo dari hidung putrinya yang berusia 10 tahun, seperti dikutip Daily Mail.

    Setelah komedo dipencet, tak lama kemudian gadis itu mulai demam, merasa pusing dan mengantuk. Keluarganya mengira dia baru saja terkena flu, begitu juga dokter setempat mereka.

    Sayangnya, keadaan menjadi lebih buruk lagi pekan lalu saat ia mulai mengalami sakit kepala yang parah, kehilangan nafsu makan dan bahkan mulai muntah. Dia dibawa ke rumah sakit yang lebih besar setelah gejalanya memburuk.

    Seorang ahli bedah saraf di rumah sakit mengatakan bahwa gadis muda itu hampir tidak sadar saat dia tiba. Kemudian diketahui bahwa gadis itu mengalami tekanan sangat tinggi di tengkoraknya yang kemungkinan disebabkan oleh penumpukan nanah dan bahan lainnya di otak akibat infeksi bakteri atau jamur.

    Pemindaian MRI kemudian mengungkap bahwa ada nanah yang berkumpul di salah satu bagian tengkoraknya dan juga terdapat abses di otaknya.

    Dia dilaporkan menderita Staphylococcus aureus yang resisten Methicillin (MRSA) - juga dikenal sebagai infeksi "superbug". Bakteri ini dilaporkan resisten terhadap beberapa antibiotik yang banyak digunakan dan jauh lebih sulit diobati. Tanpa membuang waktu lagi, para dokter dengan cepat melakukan operasi darurat pada gadis muda tersebut dan mengeluarkan abses, bagian tengkoraknya, dan 8 mili liter nanah.

    Dokter yang ingin mengetahui bagaimana gadis itu terjangkit infeksi berbahaya itu, bertanya kepada keluarganya tentang gaya hidup mereka. Saat itulah ia menemukan bahwa ibunya memencet komedo di hidungnya tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu!

    Daerah antara hidung dan mulut rupanya disebut sebagai "segitiga berbahaya" karena pembuluh darah di wilayah ini terhubung langsung ke otak. Jadi, jika seseorang memencet komedo atau jerawat (terutama dengan tangan yang kotor) di daerah ini, mereka berisiko terkena infeksi bakteri yang parah seperti gadis malang ini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES