1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    21 Juni 2017 09:25

    Demi kesehatan, jangan makan ayam pada bagian-bagian ini

    Tidak semua bagian ayam ini layak dimakan karena memiliki efek tidak baik bagi kesehatan. Apa saja?

    Feed.merdeka.com - Ayam merupakan salah satu menu terfavorit di Indonesia. Tak mengherankan ketika banyak rumah makan hingga restoran besar memasukkan unggas tersebut ke dalam menu mereka.

    Meski demikian, tidak semua bagian ayam ini layak dimakan karena memiliki efek tidak baik bagi kesehatan. Apa saja itu?

    Sayap

    Sayap ayam merupakan bagian yang paling difavoritkan banyak orang. Bagian ini tidak mengandungb banyak lemak dan renyah ketika digoreng. Namun tidak banyak yang tahu, justru bagian ini banyak disuntikkan obat-obatan berupa hormon untuk menggemukkan ayam.

    Tidak menutup kemungkinan penyuntikan dilakukan pada bagian ini, dan jika terlalu banyak dimakan bisa membahayakan kesehatan.

    Kulit

    Di samping sayap, kulit ayam juga sangat gurih dan lezat jika digoreng, apalagi dengan tepung. Namun bagian kulit ini mengandung banyak lemak.

    Kulit ayam juga mengandung hormon dan antibiotik serta racun-racun yang larut dalam lemak. Terlalu banyak mengonsumsi kulit ayam berpotensi meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

    Kepala

    Semakin tua ayam maka semakin banyak racun yang berada di dalam kepala ayam dan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Sebab ayam terbiasa makan apa saja, termasuk makanan mengandung logam berat dan zat kimia, sehingga zat-zat tersebut lama kelamaan akan tertimbun di bagian otak ayam.

    Leher

    Ini juga salah satu bagian yang sangat disukai karena mengandung banyak daging dan lebar. Sayangnya bagian ini juga tidak baik buat dikonsumsi karena bisa jadi di dalam kerongkongannya mengandung banyak bakteri atau kuman yang terbawa dalam makanan ayam.

    Selain itu, pada bagian leher juga terdapat organ imun ayam yang juga bisa mengandung bakteri atau kuman.

    Brutu

    Sedikit orang yang menyukai bagian ini, namun tahukah brutu ayam selain mengandung lemak juga terdapat kelenjar getah bening yang dapat menelan virus dan bakteri.

    Brutu memiliki kandungan lemak tinggi, jika proses pencucian membersihkan kurang baik, saat dimakan akan tercium aroma kotoran ayam karena memang bagian ini jalan keluarnya kotoran.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES