1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     11 Januari 2018 07:01

    Benarkah minum air kencing unta bisa sembuhkan kanker? Ini jawaban medisnya

    Hingga saat ini belum diketahui seberapa besar dosis yang dibutuhkan untuk mencapai efek obat yang...

    Feed.merdeka.com - Belakangan ini ramai dibahas mengenai minum air kencing unta yang katanya baik untuk kesehatan. Urine unta dipercaya mengandung banyak zat bermanfaat yang bisa menyembuhkan kanker, dan penyakit berbahaya lainnya.

    Apakah hal itu teruji kebenarannya? Nah, berikut ini adalah penjelasan medis tentang dampak air kencing unta bila diminum manusia.

    Seperti dikutip dari hellosehat.com, urine unta telah dijadikan obat alternatif di beberapa wilayah Asia dan Afrika sejak zaman dulu. Namun, hingga saat ini, dunia kedokteran modern masih meragukannya.

    Dalam sebuah percobaan sampel jaringan di cawan petri, urine unta ditemukan memiliki kemampuan memblokir produksi trombosit berlebihan, serupa dengan cara kerja obat pengencer darah, mirip seperti obat antiplatelet, aspirin, serta clopidogrel yang banyak digunakan.

    Penelitian lain juga menemukan hasil yang sama, namun lagi-lagi percobaan hanya dilakukan pada sampel darah, bukan pada manusia langsung.

    Sifat antikanker juga terlihat pada dua penelitian yang dilakukan pada jaringan kanker dalam cawan petri dan hewan percobaan. Pada penelitian-penelian ini, ternyata urine dapat memperkecil jaringan kanker dan juga menghambat penyebaran kanker.

    Namun, hingga saat ini sifat antikanker dan penyembuh lainnya dari susu atau air kencing unta masih belum bisa dipastikan. Selain itu, belum ada penelitian yang dapat melihat manfaat langsung kencing unta dalam uji klinis pada manusia.

    Juga belum ada penelitian toksikologi yang menguji keamanannya untuk dikonsumsi. Masih butuh penelitian mendalam guna mengetahui khasiat air kencing unta yang sebenarnya.

     

     

    Kandungan air kencing unta

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES