1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     27 Februari 2018 14:01

    5 hal yang 'haram' dilakukan saat tubuh Anda kelelahan

    Jangan paksaan tubuh tetap bekerja jika tak ingin malapetaka datang.

    Feed.merdeka.com - Bayangan hitam di bawah mata menandakan keletihan luar biasa yang sedang Anda alami. Jangan paksakan, hal ini biasanya terjadi saat tubuh Anda kelelahan.

    Gejala kelelahan ini bisa menjadi peringatan bagi sejumlah masalah kesehatan. Siklus tidur tubuh memerlukan konsistensi dan jika Anda lelah secara fisik namun tak memiliki kualitas tidur yang baik, hal itu bisa menyebabkan kantuk keesokan hari.

    Kondisi ini akan mendatangkan malapetaka pada semua fungsi tubuh seperti pelepasan hormon, suhu tubuh, kekebalan tubuh dan pengendalian berat badan, dan akan menyebabkan hilangnya energi, konsentrasi rendah, memori buruk dan suasana hati yang buruk.

    Jadi, Anda perlu membuat beberapa perubahan gaya hidup, mengurangi kafein dan alkohol, makan lebih banyak makanan kaya gizi dan olahraga yang teratur. Tapi selain dari ini, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat Anda lelah.

    Berikut 5 hal yang harus dihindari saat tubuh Anda kelelahan seperti dikutip dari Boldsky.

    1. Jangan Banyak Minum Kopi

    Beberapa cangkir kopi dalam sehari hanya akan membuat Anda merasa lelah dan payah. Hal ini menyebabkan kekebalan tubuh dan energi tubuh Anda menurun. Saat Anda minum kopi, kafein tetap berada di perut selama lima jam, jadi jika Anda minum kopi lagi dalam waktu lima jam, akan berdampak pada kualitas tidur Anda di malam hari.

    2. Jangan Berolahraga Terlalu Lama

    Bekerja membutuhkan energi, tapi jika Anda terlalu banyak berolahraga, maka Anda mulai mengalami kelelahan pada otot Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga lebih ringan seperti berjalan kaki dan bersepeda yang tidak akan menyebabkan kram otot atau cedera. Mencurahkan semua energi di gym akan membuat Anda merasa lelah dan lemah setelahnya.

    3. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

    Tidur siang untuk waktu yang lama bukanlah ide bagus karena Anda akan kesulitan tidur di malam hari. Ini akan membuat Anda merasa lelah keesokan harinya. Anda bisa tidur siang selama 20 sampai 30 menit setiap hari tapi lebih dari itu. Ini akan membuat Anda waspada dan lebih aktif keesokan harinya.

    4. Jangan Makan Junk Food

    Ketika tubuh Anda lelah, Anda cenderung memilih makanan berlemak tinggi kalori. Ini tidak sehat dan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda ingin memesan makanan cepat saji, carilah makanan yang sehat dan enak juga seperti sayuran kukus dengan nasi ayam atau nasi merah. Ini akan membuat makanan seimbang dan membuat Anda tetap aktif.

    5. Jangan Terlalu Sering Melihat Media Sosial

    Zaman sekarang, lepas dari ponsel adalah masalah besar. Apalagi melewatkan hari tanpa media sosial. Namun, sebaiknya Anda meninggalkan sejenak media sosial untuk sementara waktu saat Anda lelah. Jika Anda berada di media sosial, itu akan membuat Anda terjaga lebih lama, karena cahaya yang datang dari telepon dapat mempengaruhi otak, membuat Anda tidak ingin tidur.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES