1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     27 Februari 2018 09:01

    Ternyata gangguan kesehatan bisa dilihat dari warna tinja

    Ini adalah lima warna tinja dan maknanya bagi kesehatan.

    Feed.merdeka.com - Buang air besar atau BAB merupakan reaksi medis membuang kotoran yang berasal dari sistem pencernaan. Manusia dapat buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari.

    Akan tetapi, tidak lancar buang air besar juga bisa menjadi masalah. Selain menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman pada bagian perut, dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

    Saat buang air besar, pernahkah menyadari warna kotoran Anda? Ternyata warna feses atau tinja bisa mengartikan kesehatan seseorang.

    Namun, Anda jangan khawatir dulu jika mendapati warna tinja selain coklat. Sebab, itu bisa saja terjadi karena diet atau dipengaruhi makanan yang Anda konsumsi. Seperti dikutip dari asiaone, ini adalah lima warna tinja dan maknanya bagi kesehatan.

    Kuning

    Warna kotoran kekuningan bisa jadi karena terlalu banyak asupan lemak dan tubuh tidak dapat mencerna makanan sepenuhnya. Alasan lain yang mungkin adalah Anda menderita penyakit celiac.

    Penyakit ini terjadi ketika tubuh memiliki masalah dalam mencerna gluten, protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan jelai. Hasil gluten yang tidak tercerna menghasilkan kotoran berwarna kuning dan berminyak. Jika Anda sering mengalaminya, segeralah temui dokter.

    Hijau

    Kemungkinan ini karena terlalu banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Jika Anda sedang minum antibiotik, itu bisa menjadi alasan tinja Anda menjadi hijau. 

    Hitam

    Jika mengalami buang air besar kehitaman padahal sedang tidak melakukan perubahan diet, maka segeralah pergi ke dokter. Kemungkinan tinja kehitaman ini disebabkan oleh terjadinya pendarahan di saluran pencernaan. Penyebab lain tinja berwana gelap adalah penggunaan suplemen seperti zat besi.

    Merah

    Ini bisa menjadi pertanda adanya perdarahan internal pada usus atau daerah sekitar rektum atau Anus. Tetapi, jangan khawatir, apa yang Anda makan sehari sebelumnya juga bisa menjadi penyebab tinja Anda menjadi merah. Seperti buah naga merah atau makanan dengan pewarna merah bisa membuat kotoran berwarna serupa dengan yang Anda makan.

    Putih

    Memiliki kotoran berwarna putih bisa berarti ada masalah serius. Bisa jadi ada gangguan dengan hati atau kantong empedu.

    Ini pertanda bahwa tubuh tidak menghasilkan cukup empedu, cairan yang membantu mencerna makanan dan membuat kotoran menjadi coklat tua. Jika terus mengeluarkan kotoran berwarna putih atau berwarna terang lebih dari dua hari, segera kunjungi dokter.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES