1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    19 Februari 2016 15:00

    Susah Bangun Pagi? Lakukan 5 Trik Berikut

    Trik ini agak menantang, tapi bisa dilakukan dengan niat yang kuat.

    Feed.merdeka.com - Bagi sebagian orang, bangun pagi hari adalah sebuah masalah besar. Gaya hidup dan pola tidur tidak teratur menjadi penyebab yang paling sering diutarakan.

    Untuk menangani masalah tersebut, Rebecca Spencer, PhD, seorang profesor neurosains di departemen psikologi dan ilmu otak di University of Massachusetts Amherst, AS, membagikan trik sederhana bagaimana agar bisa bangun pagi. Simak selengkapnya.

    1. Turunkan suhu tubuh sebelum tidur
    "Untuk tertidur dengan nyenyak Anda harus mencapai suhu tubuh rendah," kata Spencer. Caranya dengan menghindari mandi malam dengan air panas dan dinginkan suhu ruangan tidur. Selimut yang nyaman di tempat tidur Anda akan mempercepat tidur.

    2. Kurangi pencahayaan di kamar tidur
    Jam internal Anda dikendalikan oleh cahaya. "Entah itu TV atau perangkat elektorik yang memancarkan cahaya, membuat mata kita sulit terpejam," ungkap Spencer. Tak hanya itu, bahkan smartphone atau iPad Anda bisa membuat Anda tidur lebih larut dan mengacaukan jam biologis tubuh.

    3. Hilangkan stres
    Anda tidak musti meninggalkan kehidupan sosial. Tapi menjaga ketenangan dan bersantai jelang larut malam penting untuk membuat Anda mudah tertidur. Hindari pekerjaan yang membuat Anda stres, seperti memeriksa email kantor, menonton film horor, dan membaca novel yang membuat otak Anda selalu berpikir.

    4. Bangun dengan cahaya pagi
    Segera membuka tirai dan jendela kamar untuk menangkap sinar awal mentari pagi.

    5. Lakukan berulang
    Untuk mengubah kebiasaan bangun lebih pagi, Anda harus menjadikannya rutinitas. Butuh waktu paling tidak sebulan untuk menjadikannya kebiasaan harian.

    Baca juga:

    Manfaat Bangun di Bawah Jam 6 Pagi

    5 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari yang Kerap Anda Lakukan

    5 Perkara yang Harus Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

    Cara Agar Segar Bangun di Pagi Hari

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES