1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    8 Desember 2015 17:41

    Resep Asyik Menjadikan Singkong sebagai Brownies

    Ternyata singkong tidak melulu harus direbus dan digoreng.

    Feed - Singkong merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Biasanya singkong dijadikan alternatif untuk mengganti nasi. Jika kebanyakan orang mengolah singkong dengan cara digoreng atau direbus, ternyata singkong bisa juga dimodifikasi menjadi kue-kue yang lebih beranekaragam.

    Seperti yang diperkenalkan Pemerintah Kota Depok ketika varian baru dari olahan yang berbahan dasar singkong, yaitu bownies singkong. Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan bahwa singkong memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mengurangi risiko diabetes, singkong juga bisa membuat awet muda dan kuat.

    Pada kesempatan itu pun diperkenalkan brownies singkong sepanjang 600 meter yang memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). "Selain belimbing, dengan dibuatnya brownies singkong ini yang memecahkan rekor MURI dengan olahan dari singkong terpanjang di Indonesia sepanjang 600 meter, bisa menjadi ikon baru Kota Depok,” ungkap Nur Mahmudi saat memberikan sambutan dan membuka acara ‘Festival Kuliner Singkong’ di Mal Margo City, Depok.

    (Indra Bekti [kiri] dan Nur Mahmudi Ismail dalam acara 'Festival Kuliner Singkong', di Margo City, Depok, Selasa, 8 Desember 2015/Feed.id).

    Indra Bekti, seleb yang kerap mengisi layar kaca, diberi kesempatan untuk mencicipi brownies singkong sepanjang 600 meter tersebut. Ia mengatakan brownies dari singkong ini berbeda dari brownies yang terbuat dari tepung biasa. “Brownies dari singkong ini lebih lembut, ngga kering, dan ngga seret waktu dimakan,” kata Indra.

    (Brownies singkong. Foto: Arman Maulana Azis/Feed.id)

    Bagi Anda yang tertarik untuk membuat brownies singkong tersebut, caranya cukup mudah. Bahan yang digunakan pun sama seperti membuat brownies pada umumnya. Perbedaannya, dengan mengganti tepung terigu dengan menggunakan tepung mokaf (modified cassava flour) sebagai bahan baku membuat brownies ini. (Arman Maulana Azis)

    Bahan-bahan:
    125 gr tepung mokaf
    6 butir telur
    75 ml minyak zaitun
    ½ sendok teh pengembang
    225 gr gula putih
    100 gr cokelat yang dilelehkan terlebih dahulu
    50 gr cokelat bubuk
    75 ml susu kental manis

    Cara membuat:
    - Kocok telur dan gula hingga mengembang, lalu campurkan pengembang. Kocok hingga berwarna putih dan mengembang.

    - Campurkan tepung mokaf dan cokelat bubuk sedikit demi sedikit ke dalam adonan.

    - Masukan cokelat leleh dan minyak aduk hingga rata. Pisahkan menjadi tiga adonan.

    - Siapkan cetakan yang sudah diberi alas kertas roti yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung.

    - Panaskan tempat mengukusnya. Setelah cukup panas masukan cetakan pertama kemudian bungkus dengan kain, kukus selama sepuluh menit.

    - Setelah sepuluh menit, tuangkan adonan kedua yang sudah dicampurkan susu kental manis terlebih dahulu. Kukus sepuluh menit.

    - Kemudian masukan adonan yang terakhir dan kukus selama 20 menit.

    - Setelah 20 menit angkat dan hidangkan.

    Baca juga:

    Pecinta Ayam Gulai Wajib Tahu Resep Enak Ini

    Resep Ayam Woku Ini Dijamin Bikin Keluarga Ketagihan

    Resep Minuman Luar Biasa, Hapus Lemak dalam 4 Hari Saja

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES