1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Lia Harahap    1 Agustus 2017 08:36

    Pernahkah berpikir, kenapa pintu toilet umum tak sampai bawah

    Berbeda dengan toilet di rumah yang tertutup penuh, ini alasan sederhananya.

    Feed.merdeka.com - Semua pasti pernah merasakan toilet umum. Mungkin ada yang penasaran, kenapa pintu pada toilet umum tidak pernah tertutup sampai bawah.

    Ternyata, kondisi pintu toilet yang demikian ada beberapa sebabnya. Mau tau apa saja ini, simak di sini:

    1. Agar mudah dibersihkan

    Petugas kebersihan selalu bersiaga di setiap toilet umum. Begitu ada pengunjung yang keluar dari salah satu bilik. Dengan sigap petugas tersebut membersihkan toilet yang dipakai.

    Itu pula yang menjadi sebab kenapa pintu pada toilet umum tidak tertutup sepenuhnya. Ternyata salah satunya agar petugas lebih mudah membersihkannya.

    Jika ada air yang memenuhi bilik tersebut, maka dengan mudah dipel atau ditarik memakai karet untuk kemudian diarahkan ke lubang pembuangan.

    2. Mencegah aktivitas menyimpang

    Orang jahat dan iseng selalu beraksi di mana. Tak jarang kamar mandi umum menjadi salah satu lokasi tenpat mereka beraksi.

    Hal itu pula yang menyebabkan pintu pada toilet umum dibuat terbuka pada bagian bawah. Dengan harapan, mereka akan malu atau segan melakukan hal tak patut.

    3. Agar udara berputar dengan baik

    Namanya toilet umum, pastinya dipakai bermacam-macam orang. Itu sebadnya, jika seluruh ruangan dibuat tertutup akan membuat suasan semakin pengab.

    Desain pintu kamar mandi terbuka di bagian bawah bertujuan agar pada bilik toilet ada sirkulasi udara. Sehingga udara mudah berputar dan bebauan tak menempel.

    4. Sebagai jalur darurat

    Kondisi pintu yang dibuat terbuka pada bagian bawah ternyata ada fungsi safetynya. Yakni, bila terjadi sesuatu, anda dapat menjadikan celah itu sebagai jalur keluar darurat.

    5. Untuk menghemat biaya

    Setiap kamar mandi umum biasanya terdiri dari beberapa bilik. Jika semua bilik dibuat dengan pintu penuh tentu akan memakan biaya.

    Itu sebabnya, perancang membuat desain pintu toilet terbuka pada bagian bawah. bahkan di beberapa tempat ada pula yang bagian atasnya juga terbuka.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES