1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    1 Januari 2015 10:35

    7 Fakta Menarik `Kadal Raksasa`

    Hewan reptil satu ini memiliki cara makan yang sama seperti ular.

    Feed - Mengenal hewan endemik asli Indonesia seperti Komodo memerlukan pengamatan tersendiri. Hidup di alam indah di Pulau Komodo, Manggarai Barat, Flores, tak membuat Komodo menjadi sahabat manusia. 

    Walaupun komodo tidak selalu menyerang manusia, hewan satu ini cukup berbahaya. 

    Berikut ini 7 fakta menarik tentang Komodo :

    1. Komodo di Indonesia hidup dengan cara-cara asli alias berburu sendiri tanpa bantuan manusia. Komodo biasanya memangsa Kijang, Kerbau, Kuda, Monyet dan lainnya. Sementara, untuk Komodo kecil memakan serangga.

    2. Komodo memangsa langsung tanpa mengunyah, sama seperti ular. Bahkan Komodo juga hanya makan satu kali dalam satu bulan.

    3. Komodo dewasa mampu berlari dengan kecepatan 18 km per jam.

    4. Masa kawin Komodo pada Juli hingga Agustus. Cara kawin mereka ialah dengan merebutkan satu betina dari tiga jantan.

    5. Satu bulan setelah kawin, Komodo bertelur dan jumlah telur Komodo biasanya 15-30 butir. Telur-telur di simpan dalam sebuah lubang, selain itu untuk menjaga telur dari predator, sang betina membuat dua lubang palsu.

    6. Kekuatan komodo ada pada penciuman. Namun kekuatan itu menjadi kekurangan Komodo. Karena untuk menghalau komodo agresif para rangers menggunakan tongkat bercabang untuk menekan hidung agar tidak menyerang.

    7. Senjata utama komodo terdapat pada air liur, karena sangat banyak mengandung bakteri dan berbahaya. Dari penelitian terbaru, diketahui komodo memiliki tujuh saluran bisa di gusinya. Racun itu yang membunuh, bukan bakteri di dalam air liur.

    Terbuai keindahan alam terkadang melupakan keadaan setempat. Sebelum Anda berpergian ke Pulau Komodo dan sekitarnya, sebaiknya mengenal komodo sebelum bertemu langsung di sana. Baca selengkapnya Fakta-fakta Komodo via destinasiindonesia.com. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES