1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. V
  6.  » 
  7. VIRAL NEWS


  8. Reporter :     22 November 2017 07:00

    NASA: Es di kutub cair, 5 kota di Indonesia terancam termasuk Jakarta

    Para ilmuwan mengatakan perputaran Bumi dan efek gravitasi akan membuat air dari gunung maupun lapisan es menyebar ke seluruh dunia.

    Feed.merdeka.com - Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, telah meluncurkan peralatan internet yang bisa memperkirakan kota-kota di dunia yang akan terkena dampak mencairnya lapisan es. Dengan perangkat itu bisa terlihat bagaimana perkiraan air yang mencair dari es terdistribusi secara global.

    "Peralatan itu memberikan, untuk setiap kota, gambaran tentang gunung es, lapisan es, maupun puncak es yang amat penting," tutur para peneliti.

    Para ilmuwan mengatakan perputaran Bumi dan efek gravitasi akan membuat air dari gunung maupun lapisan es menyebar ke seluruh dunia. Karena itu, meski Indonesia jauh dari kawasan gunung es, tidak menutup kemungkinan akan terkena dampak mencairnya gunung maupun lapisan es di Kutub Utara atau Selatan.

    Seperti dikutip dari bbc.com, para ilmuwan memperkirakan Jakarta akan terkena dampak dari peningkatan permukaan laut setinggi, 1,713 mm.

    Selain Jakarta, empat kota dan satu provinsi masuk dalam peralatan internet yang dikembangkan oleh Laboratorium Propulsi Jet NASA di California itu. Daerah tersebut adalah:

    Banda Aceh : peningkatan permukaan air laut 1,713 mm
    Jawa Timur  : 1,766 mm
    Makassar     : 1,764 mm
    Manado       : 1,780 mm
    Jayapura     : 1,747 mm

    Laporan tentang prediksi peningkatan permukaan laut itu sudah diterbitkan di Science Advances.

    "Sejalan dengan kota-kota dan negara-negara yang berupaya membangun rencana untuk mengurangi banjir, mereka harus berpikir 100 tahun ke depan jika ingin mengkaji risikonya dengan cara yang sama dilakukan oleh perusahaan asuransi," kata Dr Erik Ivins.

    Peralatan baru ini memberikan cara bagi mereka untuk melihat lapisan es yang seharusnya paling mereka khawatirkan. Dengan peralatan itu maka terlihat juga peningkatan permukaan air laut yang signifikan akibat dari perubahan di lapisan es di sebelah bagian barat laut Greenland. (poy)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES