1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter :     14 November 2017 16:01

    Kegunaan mecin yang tak banyak orang tahu

    Orang-orang masih meributkan apakah mecin bisa membuat bodoh atau tidak jika banyak dikonsumsi.

    Feed.merdeka.com - Mecin dikenal luas sebagai penyedap masakan.  Namun, orang-orang masih meributkan apakah mecin alias vetsin alias monosodium glutamate (MSG) berbahaya bagi tubuh manusia atau tidak. Bahkan, tak sedikit orang yang percaya vetsin itu membuat orang bodoh.

    Namun, tak banyak yang tahu vetsin memiliki manfaat untuk makhluk hidup lain, yakni tanaman. Di kalangan pecinta bercocok tanam, vetsin menjadi salah satu 'pupuk' yang kerap digunakan.

    Tak banyak yang tahu, vetsin biasanya digunakan untuk menyuburkan tanaman, khususnya tanaman bunga dan hias. Entah sejak kapan dan siapa yang memulai pertama kali tidak diketahui secara pasti.

    Mengapa mecin bisa menyuburkan tanaman?

    Kesuburan tanaman tergantung dari beberapa faktor, antara lain kondisi tanah, unsur hara, air, dan pupuk dan sebagainya. Nah, mecin merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial. Jika dilihat dari kandungannya, mecin terdiri dari unsur hara. 

    MSG mengandung senyawa C, H, O, N, dan Na yang diyakini bisa membantu menyuburkan tanaman dengan merangsang pertumbuhan bagian tanaman, seperti batang, cabang, dan daun. 

    NEXT: Kandungan mecin

     

    Kandungan mecin

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES