1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter :     6 Februari 2016 12:01

    Malas Ke Luar Kota? Mari Nikmati Jakarta dari Angkasa

    Destinasi yang berikut ini bisa menjadi pilihan: Monumen Nasional (Monas).

    Feed.merdeka.com - Libur panjang kembali akan berlangsung mulai tanggal 6 hingga 8 Februari 2016. Momen seperti ini biasanya digunakan masyarakat Jakarta untuk ke luar kota. Tapi buruknya kebiasaan ini adalah kemacetan yang ditimbulkannya.

    Sudah sering bukan Anda melihat berita mengenai kemacetan parah di wilayah Puncak dan Bandung, Jawa Barat, karena kedatangan warga Ibu Kota? Bila Anda malas terkena dampak kemacetan tapi ingin berlibur, mungkin destinasi yang berikut ini bisa menjadi pilihan: Monumen Nasional (Monas).

    Ya, Monas memang menjadi lanskap utama Jakarta. Tapi belum tentu semua warga pernah masuk ke dalamnya. Padahal Monas menawarkan vakansi murah tanpa perlu keluar banyak uang. Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Rini Hariani mengatakan, menghadapi libur panjang ini pihaknya tidak menyelenggarakan acara khusus.

    "Monas buka seperti biasanya dari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.00 pagi hingga 03.00 sore," kata Rini seperti dikutip dari, Money.id, Jumat 5 Februari 2016.

    Rini menuturkan, meski Senin, 8 Februari 2016, masih termasuk libur karena perayaan Imlek, Monas tetap ditutup untuk umum. Sebab pada hari itu masih dilakukan maintenance, salah satunya lift untuk naik ke puncak Monas. "Kalau tidak ada maintenance nanti terjadi sesuatu bisa berbahaya," ucap dia.

    Tiket masuk

    Masuk kawasan Monas, setiap pengunjung dikenakan tarif berbeda. Anak-anak cukup membayar tiket masuk Rp2.000, mahasiswa Rp3.000, dan dewasa Rp5.000 per orang.

    Di bagian luar monumen terdapat berbagai relief mengenai sejarah nasional dimulai dari zaman kerajaan, penjajahan Belanda, invasi Jepang, hingga Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Kemudian ketika masuk ke dalam bagian cawan Monas, juga terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Terdiri dari 51 diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia mulai dari zaman kerajaaan hingga peristiwa G30S/PKI.

    Sudah sampai di sini, jangan lupa untuk naik ke bagian atas Monas. Sensasi melihat Jakarta dari angkasa tidak akan ada tandingannya.

    Baca juga:

    Wisata Uji Adrenalin di "Seluncur Naga", Berani Menaikinya?

    Lokasi Wisata Keluarga di Ujung Jakarta

    Destinasi Wisata Nyata yang Nampak Bak Lukisan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES