1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    12 November 2015 17:00

    Lokasi Wisata Keluarga di Ujung Jakarta

    Destinasi ini mudah dijangkau dan bisa melepas penat.

    Feed - Untuk pergi berlibur sekarang sangat mudah. Hanya dengan mengetik tempat tujuan wisata di smartphone atau laptop, akan muncul berbagai informasi dan promosi dari situs yang menawarkan paket wisata. Ini semua tidak lepas dari kehadiran jasa wisata yang digagas kaum muda yang berani mengambil risiko membuka destinasi baru.

    Menurut Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2011 – 2014, revolusi digital dan kelahiran jasa wisata mandiri ini merupakan fenomena yang sangat positif bagi pertumbuhan ekonomi khususnya bidang pariwisata. Ia juga mengatakan perlunya harmonisasi antara pelaku usaha wisata mandiri dengan pemerintah.

    Link and match antara pemerintah dan para trip operator ini diperlukan agar bisa terwujud dalam kebijakan, strategi, dan taktik bisnis pariwisata," ujar Sapta dalam sambutannya di pembukaan Indie Travel Mart 2015, di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Kamis, 12 November 2015.

    Untuk Anda yang tidak punya waktu libur yang lama, banyak tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Destinasi ini masih berada di sekitar Jakarta dan Bogor sehingga masih bisa dijangkau dengan mudah.

    Pulau Tidung via marotravel.com

    1. Wisata pulau dan pantai
    Pulau Seribu, lokasi yang tidak terlalu jauh dari perkotaan ini bisa jadi alternatif pilihan liburan anda. Wisata pulau-pulau yang indah dan bersih bisa membuat suasana pikiran Anda menjadi lebih tenang dan santai. Cukup dengan mengendarai kapal selama dua sampai tiga jam, Anda akan sampai di tempat tujuan.

    Pulau-pulau yang bisa Anda kunjungi di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Cipit. Selain bisa menikmati keindahan lautnya, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk berkemah di pantai. 

    Museum Fatahillah via weekendatmuseum.weebly.com

    2. Wisata edukasi
    Berlibur tidak hanya pergi ke pantai, pegunungan, atau air terjun. Wisata edukasi juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Selain berlibur, anak-anak juga diberikan pembelajaran dengan cara yang lebih menyenagkan. Di Jakarta, terdapat banyak sekali museum yang dapat Anda kunjungi, seperti Museum Fatahillah, Museum Gajah, Museum Tekstil, dan Museum Wayang.

    Sedangkan museum di daerah Bogor yaitu, Museum Zoologi, Museum Peta, Museum Perjuangan, Museum Herbarium Bogoriense, dan Museum Mobil dan Keramik.

    Puncak, Jawa Barat via www.pancibolong.com

    3. Wisata pegunungan
    Selain wisata pantai, wisata pegunungan biasa dipilih untuk tempat rekreaksi keluarga. Lokasinya yang sejuk, melewati rindangnya daun pepohonan, membuat pikiran terasa ringan dan santai. Selagi Anda berpelesir, anak-anak bisa bertualang di permainan outbound yang menyenangkan. Wisata pegunungan ini banyak berada di daerah Bogor, Puncak Cianjur, dan Sukabumi. 

    Agar bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan tetapi hemat dan murah, cobalah cari situs yang menawarkan paket wisata. Bandingkan beberapa situs tersebut dan sesuaikan dengan anggaran Anda. Biasanya harga yang ditawarkan setiap situs berbeda.

    Selain itu cari informasi dan datangi pameran tentang travel. Karena saat acara pameran berlangsung biasanya terdapat promo-promo yang sangat menguntungkan. Selain itu Anda bisa sekalian berkonsultasi dengan pihak travel tentang lokasi wisata agar liburan semakin menyenangkan. (Arman Maulana Azis/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Lokasi Wisata Berikut Pernah Jadi Tempat Pembunuhan

    Lokasi Wisata Indonesia yang Dirusak Turis

    Destinasi Wisata Berdasarkan Zodiak (II)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES