1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    16 Maret 2015 12:45

    Kenali Penyebab Anda Buang Gas Berlebihan

    Jika Anda berhadapan dengan buang gas berlebih, itu artinya Anda harus mengubah pola gaya hidup.

    Feed - Dalam tubuh manusia terdapat kandungan gas kecil yang perlahan membengkak setiap waktunya. Untuk mengusir gas itu, manusa biasanya membuang gas 14 kali dalam sehari, meski kadang malu untuk mengakuinya.

    Buang gas atau kentut memang bukan masalah kesehatan yang rumit, kebiasaan ini erat kaitannya dengan ketidaknyamanan, kesopanan, dan etika. Jika Anda berhadapan dengan buang gas berlebih, itu artinya Anda harus merubah pola gaya hidup. Seperti dilansir healthmeup.com, berikut adalah beberapa penyebab buang gas.

    1. Kebiasaan makan yang buruk

    via endthistrend.com

    Makan makanan dengan cepat atau makan sambil berbicara akan memungkinkan Anda menelan banyak udara. Semakin banyak udara yang masuk dalam sistem tubuh Anda, maka kondisi perut Anda akan cepat kembung akibat kandungan gas.

    2. Perubahan hormon

    via 1funny.com

    Menopause dan perubahan hormon lainnya juga bisa jadi penyebab buang gas. Sebagai cara untuk mencegah gas membengkak dalam tubuh adalah dengan berolahraga. Itu jadi tepat sekaligus memaksimalkan gerakan usus.

    3. Terlalu banyak serat

    via askdrdani.com

    Terlalu banyak asupan serat juga bisa memicu penyebab buang gas. Hal itu diakibatkan karena serat sulit dicerna oleh usus yang justru menyebabkan penumpukan gas dalam tubuh.

    4. Makanan manis

    via imgfave.com

    Anda penggemar makanan manis mungkin cenderung lebih sering membuang gas. Hal itu dipicu karena bakteri di usus kecil dan besar bisa menghasilkan gas saat proses mencerna gula.

    5. Merokok

    via hartford.edu

    Perokok cenderung menghirup lebih banyak udara dibandingkan yang tidak merokok. Saat udara yang masuk lebih banyak, kandungan gas akan membengkak dan mendorong Anda untuk terbiasa membuang gas lebih banyak dari biasanya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES