1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Denisa    14 Maret 2015 09:00

    Dampak Dahsyat Tumpukan Sampah di Laut

    Apakah menyakitkan membuang sampah di tempatnya?

    Feed - The Ocean Clean Up, sebuah yayasan yang fokus menangani kebersihan laut, saat ini sedang menjalani gerakan terbesar untuk mengangkat sampah dari samudera. Namun, mereka juga memiliki kendala besar walaupun didukung oleh lembaga program lingkungan dunia seperti United Nation Environment Programme (UNEP). Usaha terbaik sebenarnya dimulai dari diri sendiri. Jangan malas membuang sampah ke tempatnya. 

    1. Polusi plastik

    Letak penyebaran tempat penampungan sampah plastik via theoceancleanup.com

    Data UNEP tahun 2005 menyebut jutaan ton plastik tersebar di seluruh laut dunia. Sebuah cara dilakukan untuk memusatkan plastik di lima putaran arus dan hal  itu dikenal dengan sebutan gyres atau spiral.

    Peta Laut Meksiko via asset.kompas.com

    Lima putaran arus itu salah satunya menuju Laut Meksiko dan di sana merupakan tempat penampungan sampah paling luas. Ukurannya enam kali lebih besar dari penampungan yang lain. Hal itu terjadi karena sebanyak sepertiga plastik seluruh laut dunia bermuara ke sana.

    2. Ekologi

    Keberadaan sampah di laut setidaknya telah membuat satu juta burung laut mati dan ratusan ribu mamalia laut musnah akibat polusi plastik. Selengkapnya Dampak Sampah Laut Terhadap Ekologi via theoceancleanup.com.

    3. Kesehatan

    Racun zat kimia yang terserap dari plastik juga semakin bertambah jika dibiarkan dalam waktu panjang. Apalagi manusia masih mengonsumsi panganan dari laut seperti ikan, kepiting, dan rumput laut.

    4. Ekonomi

    Laut tercemar karena sampah yang dibuang manusia, namun limbah itu pun yang membuat manusia merugi. Contohnya adalah harga ikan yang melangit karena banyak ikan mati karena limbah. Selengkapnya Dampak Sampah Laut Terhadap Ekonomi via theoceancleanup.com.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES