1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    15 Maret 2015 15:00

    Awas, Duduk Dengan Kaki Menyilang Ternyata Berbahaya

    Duduk menyilang bisa buat tekanan darah Anda tinggi.

    Feed - Kebiasaan duduk dalam keadaan menyilang memang sulit dihilangkan. Biasanya posisi duduk nyaman itu kita lakukan saat sedang makan, bekerja, atau sesekali saat santai. Namun tahukah Anda bahwa posisi duduk menyilang itu berbahaya bagi kesehatan? Seperti dilansir Yahoo Health, berikut dampak negatifnya.

    1. Sakit punggung dan leher

    via ruang5.web.id

    Menurut ahli terapi fisik ortopedi Vivian Eisenstadt, menyilangkan kaki Anda hanya akan menyebabkan sakit punggung dan leher. Duduk dengan kaki disilangkan dapat menyebabkan rotasi salah satu tulang panggul Anda. Dan, jika terlalu lama berada dalam posisi itu, punggung Anda semakin banyak mendapat tekanan.

    2. Menyebabkan varises

    via caramenghilangkanvarises.com

    Varises juga disebabkan oleh terlalu lama Anda duduk menyilang. Hal itu disebabkan karena tekanan dari satu kaki di atas yang menyebabkan aliran darah terhambat dan merusak pembuluh darah di kaki. Parahnya, jika pembuluh darah sudah rusak bisa berisiko menyebabkan kebocoran yang menyebabkan varises atau lebih buruk.

    3. Meningkatkan tekanan darah

    via kompasiana.com

    Darah dalam kaki harus dipompa kembali ke jantung. Darah harus susah payah melawan gravitasi untuk mencapai jantung. Tetapi saat posisi duduk menyilang, aliran darah akan terhambat. Akibatnya, tubuh Anda harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong darah kembali ke jantung. Tak ada efek langsung yang dirasakan, namun jika dibiarkan Anda akan menghadapi masalah kesehatan jangka panjang.

    4. Gangguan saraf kaki

    via pikhospital.co.id

    Menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan pada saraf peroneal Anda-- saraf utama dalam kaki yang melewati tepat di bawah lutut. Tekanan itu bisa menyebabkan mati rasa dan kelumpuhan sementara dari beberapa otot di kaki.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES